GridFame.id – Tren pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan brand lokal di awal tahun 2024 telah menjadi sorotan utama dalam panorama ekonomi Indonesia.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM), kontribusi UMKM terhadap ekonomi Indonesia mencapai 61% dari Pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) negara.
Faktor digitalisasi, perubahan perilaku konsumen, inovasi produk, dan peran e-commerce, khususnya Shopee, telah menjadi pilar utama dalam mendukung pertumbuhan UMKM serta brand lokal.
Selama tahun 2023, lebih dari 500 ribu pelaku UMKM baru telah bergabung bersama Shopee dengan pertumbuhan pendapatan yang meningkat hingga 30% year-over-year (YoY), terhitung pada tahun 2020-2023.
Sejak beroperasi di Indonesia, Shopee senantiasa mewujudkan komitmennya dalam mendorong roda perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan brand lokal.
Maka dari itu, pada 2023 sebanyak 84% pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan brand lokal dengan 93% total transaksi didominasi produk lokal.
Berbagai inovasi berkelanjutan pun diciptakan guna membantu bertransformasi dan meningkatkan daya saing usaha, serta memperkuat eksistensi baik di dalam negeri maupun internasional.
Baca Juga: Cuma Rp 150 Ribu Bisa Nonton Konser Dewa 19 dan Masuk Dufan, Simak Cara Beli Tiketnya
Baca Juga: Link Beli Tiket Konser AESPA di Indonesia Lengkap dengan Harganya
Laporan Tren Pertumbuhan UMKM dan Brand Lokal 2024
Sebagai bentuk komitmen, berikut Shopee bagikan laporan tren pertumbuhan UMKM serta brand lokal di awal tahun 2024:
1. Shopee menghadirkan akses yang mudah dan inklusif demi menciptakan peluang agar UMKM dan brand lokal dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Penulis | : | Intan Yusan S |
Editor | : | Intan Yusan S |
Komentar