Find Us On Social Media :

Awalnya Tak Perbolehkan Ilmuwan Dunia Masuk, Ternyata Ini Isi Laboratorium Institut Virologi Wuhan yang Diduga Jadi Tempat Munculnya Covid-19, Jadi Senjata Biologis?

Ilmuwan Shi Zhengli di laboratorium.

GridFame.id - Terletak di perbukitan kota yang menjadi episentrum Covid-19, Institut Virologi Wuhan menjadi sorotan setelah AS mengklaim dari sana wabah berasal.

Peneliti China telah mengemukakan, virus corona yang mewabah sejak akhir Desember 2019 kemungkinan meloncat dari binatang ke manusia di pasar yang menjual hewan liar.

Tetapi, sejumlah negara Barat seperti AS mulai menyuarakan teori konspirasi bahwa Covid-19 berasal dari laboratorium berteknologi tinggi itu.

Baca Juga: Dituding Jadi Tempat 'Lahirnya' Virus Corona, Laboratorium di Wuhan Ini Juga Simpan 1.500 Virus Paling Mematikan di Dunia

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyatakan, Washington akan menggelar "investigasi penuh" soal bagaimana pandemi itu bisa keluar dan mewabah di dunia.

Dilansir dari AFP Jumat (17/4/2020), berikut merupakan pertanyaan utama terkait Institut Virologi Wuhan (WIV) yang menjadi sorotan negara Barat.

Apa itu WIV?

Tempat tersebut merupakan rumah bagi Pusat Pembiakan dan Koleksi Virus China, bank virus terbesar di Asia dan berisi 1.500 jenis.

Fasilitas itu adalah laboratorium berkeamanan maksimum pertama di Asia, dan menangani patogen Kelas 4 (P4), virus berbahaya yang bisa menular antar-manusia seperti Ebola.