Find Us On Social Media :

Viral Isu Dukhan Akan Terjadi Pada 8 Mei 2020 hingga Dikaitkan dengan Akhir Zaman, Mungkinkah Bumi Gelam Gulita Diliputi Kabut?

ilustrasi asteroid

GridFame.id - Belakangan beredar sebuah video tentang peristiwa besar yang akan terjadi pada 15 Ramadan yang jatuh pada hari Jumat membuat was-was.

Video yang beredar di YouTube tersebut berjudul 'Ada Apa di Malam Jumat 15 Ramadhan' mendadak viral di media sosial.

Peristiwa hujan meteor di bulan Mei, disangkutpautkan dengan peristiwa Dukhan sebagai tanda-tanda akhir zaman.

Hari-hari terakhir ini muncul berita yang cukup menghebohkan tentang kemungkinan munculnya kabut (dukhan) pada tanggal 15 Ramadan tahun ini yang jatuh pada 8 Mei 2020 besok.

Sementara sebagian menghubungkan dengan kemungkinan asteroid yang menghantam bumi, bagaimana perspektif astronomi tentang peluang terjadinya peristiwa semacam itu?

Baca Juga: Perkenankan Masyarakat Kembali Beraktivitas, Jokowi: 'Kita Harus Hidup Berdamai dengan Covid-19'

Ancaman obyek-obyek dekat bumi (Near Earth Objects, NEOs)

Saat ini ada lebih dari 20.000 asteroid dekat Bumi yang dikenal dengan Near Earth Asteroid (NEA), dan lebih dari seratus komet periode pendek yang mengorbit dekat dengan Bumi, Near Earth Comet (NEC).

Selain itu, terdapat sejumlah pesawat ruang angkasa yang mengorbit matahari dan meteoroid yang berukuran cukup besar yang berada dekat dengan orbit bumi.

Obyek-obyek dekat bumi ini dapat dilacak keberadaannya sebelum berpotensi mendekati atau menabrak bumi.

Meskipun demikian, masih banyak obyek yang belum dapat dideteksi, terutama yang berukuran kecil, namun tetap memiliki resiko yang besar justru karena keberadaan mereka tidak dapat diketahui sebelum mereka mendekati bumi.