Find Us On Social Media :

Jangan Sampai Seperti Korsel! Kalau Tak Mau New Normal Jadi Gelombang Kedua, Ini yang Harus Dilakukan Indonesia!

Jokowi meninjau persiapan new normal

GridFame.id - Badan Kesehatan Dunia atau WHO memperingatkan masyarakat dunia untuk bersiap menghadapi potensi munculnya kembali infeksi virus corona atau Covid-19.

Peneliti Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ikram Masloman, meminta pemerintah mengantisipasi potensi Covid-19 gelombang kedua.

Salah satunya dengan cara mengingatkan masyarakat terhadap potensi bahaya itu.

Baca Juga: Masuki New Normal, Segera Cek Bansos di cekbansos.siks.kemsos.go.id! Ada 3 Program, Gunakan Nomor Kepesertaan untuk Login!

"Pemerintah dan tokoh masyarakat perlu selalu mengingatkan masyarakat. Jika protokol kesehatan tidak dipenuhi, maka selalu mungkin terjadi gelombang kedua serangan virus corona yang lebih berbahaya," kata dia, pada sesi pemaparan hasil survei, 5 Juni: Indonesia Mulai Bekerja Bertahap di 158 Wilayah, Sabtu (30/5/2020).

Menurut Ikram, pemerintah perlu membuat mapping atau pemetaan wilayah di setiap daerah (zona hijau, kuning, merah) yang selalu diperbarui agar pengawasan grassroot atau akar rumput berjalan dengan baik.

Untuk daerah yang membuka ekonominya, namun grafik kasus hariannya masih tetap menanjak, maka wilayah itu dapat kembali melakukan pembatasan sosial.