Find Us On Social Media :

BPOM Sebut Covid-19 Tak Bisa Ditularkan dari Makanan, Tapi Waspada Dengan Hal Ini: 'Dia Bisa Hidup di Inang yang Juga Hidup'

Aplikasi pesan makanan Gojek, Gofood

GridFame.id - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut makanan atau pangan bisa tercemar oleh tiga hal, yakni fisik, biologi, dan kimia.

Virus corona atau Covid-19 sendiri merupakan cemaran biologi.

"Sekarang virus ini bukan foodborne disease. Dia tidak ditularkan dari makanan, cuma dia bisa hidup di inang yang juga hidup. Ini kan berarti dari tangan ke tangan, droplet, dan seterusnya," ujar Direktur Pengawasan Pangan Olahan Risiko Sedang dan Rendah BPOM Emma Setyawati dalam siaran BNPB, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Pantas Angka Kematian Corona di Eropa & AS Lebih Banyak, Beruntungnya Kita Jadi Orang Asia Karena Punya Kelebihan Tak Terduga Ini

Emma menyebut bahwa proses produksi hingga distribusi makanan menjadi penting apakah penularan Covid-19 terjadi atau tidak.

Dari sanalah, BPOM mengelola manajemen terkait produksi hingga distribusi makanan menjadi aman dari Covid-19.

"BPOM tidak sendiri. Ada pihak lain yaitu produsen, distributor, jasa pengantaran. Jadi memang banyak yang dilibatkan, dan BPOM mengelolanya menjadi satu buku pedoman untuk produksi dan distribusi pangan olahan," lanjut Emma.