Find Us On Social Media :

Panduan Lengkap Cara Cek BLT UMKM 1,2 Juta Cair Bulan Juni! Akses Pakai Dua Link Ini

BLT UMKM Rp 1,2 Juta

GridFame.id - Belum kebagian BLT ULKM 1,2 juta bulan Juni?

Tenang, masih ada kesempatan untuk dapat BLT UMKM 1,2 juta di tahun 2021.

Meski santer kabar bakal diperpanjang, namun banyak yang khawatir tak dapat giliran jadi penerima BLT UMKM 1,2 juta.

BLT UMKM 1,2 juta diberikan kepada para pemilik usaha mikro sebagai modal usaha di masa pandemi.

Sudah dijalankan dari tahun 2020 lalu, program bantuan pemerintah ini dinilai mampu membantu perekonomian masyarakat.

Sayangnya tak semua kebagian BLT UMKM 1,2 juta karena harus dinyatakan lolos terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara memastikan nama Anda terdaftar jadi penerima BLT UMKM 1,2 juta?

Baca Juga: Masih Ada Kesempatan Sampai 28 Juni, Akses Dua Link Ini Untuk Daftar BLT UMKM 1,2 Juta dan Cara Pencairannya

Berikut cara cek bantuan UMKM senilai Rp 1,2 Juta secara online.

Bantuan UMKM merupakan bantuan yang diberikan khusus kepada masyarakat pelaku UMKM, melalui program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Segera cek bantuan, melalui link yang disediakan oleh bank BRI dan bank BNI.

Penyaluran dana BPUM tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Cek BLT UMKM:

A. Bank BRI

- Masuk ke laman https://eform.bri.co.id/bpum

- Isi nomor KTP

- Masukkan kode verifikasi

- Klik proses Inquiry

- Akan ada pemberitahuan apakah anda termasuk penerima BPUM 2021 atau tidak.

B. Bank BNI

- Masuk ke laman http://banpresbpum.id

- Isi nomor KTP

- Pilih Cari

- Akan ada pemberitahuan jika Anda masuk/tidak sebagai penerima BPUM 2021.

Baca Juga: Bisa Diakses Secara Online, Berikut Link Untuk Cek Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta Melalui BRI atau BNI

Cara Daftar BLT UMKM:

Bagi pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan, dapat melakukan pengajuan BLT UMKM dengan cara berikut:

- Calon penerima BPUM diusulkan oleh dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM kabupaten/kota.

- Kebenaran data usulan calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul BPUM.

- Pengusul BPUM menyampaikan usulan calon penerima BPUM kepada dinas atau badan yang membidangi koperasi dan UMKM provinsi.

- Usulan calon penerima diteruskan kepada Kementerian Koperasi dan UKM.

Usulan calon penerima memuat:

1. NIK sesuai KTP Elektronik

2. Nomor Kartu Keluarga (KK)

3. Nama lengkap

4. Alamat

5. Bidang Usaha

6. Nomor Telepon.

Bank penyalur, aparat pemerintah dan keamanan, serta masyarakat dihimbau untuk tetap menegakkan protokol kesehatan dengan baik.

Syarat Penerima BLT UMKM:

- Warga Negara Indonesia

- Memiliki KTP Elektronik

- Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan.

- Bukan Aparatur Sipil Negara, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN atau BUMD.

Baca Juga: Bak Angin Segar! Benarkah BLT UMKM Diperpanjang Sampai Tahun Depan? Ini Kata Menteri Koperasi dan UKM

Cara Mencairkan BLT UMKM

Penerima bantuan dapat mencairkan dana bantuan setelah menerima informasi pesan teks atau telepon dari Bank BUMN, Bank BUMD, atau PT Pos Indonesia.

Penerima dapat mencairkan dana BPUM dengan mendatangi lembaga penyalur, dan penerima harus membawa beberapa dokumen berikut:

E-KTP Fotokopi NIB atau SKU Kartu Keluarga (KK)

- Kemudian, penerima harus mengonfirmasi dan menandatangani pertanggungjawaban mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

- Terakhir, penerima harus melakukan verifikasi dokumen dan data.

- Lalu bank penyalur akan mencairkan dana BPUM secara langsung.

Bagi penerima bantuan yang belum memiliki rekening di bank penyalur, nantinya akan dibuatkan rekening baru oleh bank penyalur tersebut.

 

 

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di Tribunnews.com dengan Judul "Cek Penerima BLT UMKM, Klik Eform.bri.co.id/bpum Atau Banpresbpum.id, Berikut Panduannya"