Find Us On Social Media :

Kecewa Karena Selalu Gagal Saat Membeli Pelatihan, Simak Penjelasan Manajemen Kartu Prakerja

Ilustrasi Kartu Prakerja

GridFame.id- Berikut ini penjelasan pihak Manajemen Kartu Prakerja tentang peserta gagal dalam membeli pelatihan Prakerja.

Seperti diketahui peserta Kartu Prakerja diwajibkan membeli pelatihan di Kartu Prakerja sejak dana pelatihan turun.

Apabila peserta tidak membeli pelatihan dalam jangka waktu yang ditentukan manajemen, maka pusat akan menarik kembali dana pelatihan.

Peserta yang tidak membeli pelatihan hingga 30 hari setelah mendapatkan pemberitahuan penetapan juga tidak dapat mengikuti kembali program Kartu Prakerja.

Insentif prakerja yang semulanya akan diberikan selesai pelatihan juga tidak akan turun.

Maka, jika sudah mendapat dana pelatihan segeralah untuk membeli pelatihan sesuai bidang masing-masing peserta.

Baca Juga: Sering Dialami Peserta! Ini Penyebab dan Solusi Jika Gagal Sambungkan E-Wallet atau Rekening di Kartu Prakerja

Namun terkadang terdapat beberapa peserta yang mengeluhkan gagal membeli pelatihan.

Salah satunya akun @lalo38381724, yang menuliskan selalu gagal saat membeli kelas di Kartu Prakerja, meski sudah memiliki saldo dan nomor kartu.

"Ada yang tau knpa saat pembelian kelas di prakerja saya selalu gagal?? Padahal sdah ada saldo dan nomor kartu. Tapi saat pmbyaran sllh gagar,baik d tokopedia,kemnaker,pintaria atau lainnya," tulis dia.

Gagal membeli pelatihan Kartu Prakerja

Menanggapi keluhan itu, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan sejumlah masalah yang dialami penerima Kartu Prakerja berkaitan dengan penyesuaian sistem.

Louisa pun memastikan semua pelatihan yang ditampilkan pada platform sudah diverifikasi dan aktif.

Selain itu, sampai saat ini pihaknya juga belum menemukan kendala terkait adanya masalah kuota pelatihan yang disebut menjadi salah satu penyebab kesulitan pembelian pelatian.

Baca Juga: Semakin Lengkap! Prakerja Rilis Fitur Terbaru Pada Dashboardnya, Peserta Bisa Dapat Rekomendasi Pelatihan Secara Lengkap dari 8 Platform Digital

Jika penerima Kartu Prakerja masih menemui kendala dalam pembelian pelatihan, dia menyarankan untuk memberi jeda sesaat sebelum mencoba kembali.

"Mungkin keluhan peserta itu terjadi kemarin dan ketika ada masalah sesaat dengan sistem. Kalau ada kendala dalam pembelian pelatihan, beri waktu sesaat sebelum mencoba lagi," jelas dia.

Jika masih alami kendala, Anda juga dapat menyampaikan keluhan melalui nomor telepon yang disediakan pihak Prakerja.

Nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja hanya beroperasi pada hari kerja.

Berikut ini nomor layanan masyarakat Kartu Prakerja.

021-25541246

Jam operasional:

Senin - Jumat Pukul 08.00 - 19.00 WIB

Baca Juga: Semakin Lengkap! Prakerja Rilis Fitur Terbaru Pada Dashboardnya, Peserta Bisa Dapat Rekomendasi Pelatihan Secara Lengkap dari 8 Platform Digital

***