GridFame.id – Pasti Anda pernah atau bahkan sering mengalami gangguan listrik di rumah. Gangguan listrik merupakan hal yang umum dialami setiap pengguna listrik.
Jenis gangguan listrik pun yang dialami bisa beberapa macam misalnya power failure atau listrik padam.
Nah bagi Anda yang mengalami gangguan listrik di rumah sebaiknya jangan terlalu panik. Karena untuk mengajukan gangguan saat ini ternyata sudah cukup mudah.
Pihak PLN pun semakin responsif dalam menanggapi pengaduan yang Anda ajukan. Aduan gangguan listrik juga dapat disampaikan melalui aplikasi ‘PLN Mobile’
Bagi pelanggan yuang ingin menyampaikan keluhan gangguan layanan kelistrikan melalui PLN Mobile, ada dua opsi yang data ditempuh yakni dengan menggunakan identitas pelanggan terdfaar (ID Pelanggan) maupun nomor meteran atau menggunakan titik lokasi.
Laporkan gangguan melalui ID pelanggan/ No meter
1. Pilih menu "Pengaduan" kemudian pilih salah satu jenis pengaduan gangguan, perlu untuk diketahui jika jenis gangguan hanya dapat diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter
2. Lalu pilih ID Pelanggan/No. Meter yang telah terdaftar pada akun PLN Mobile, atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar, maupun ID Pelanggan/No Meter lainnya. pelanggan juga dapat memilih menu "Gunakan Titik Lokasi". Pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, kemudian pilih "KONFIRMASI". Pilih “YA” apabila telah sesuai
3. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih "KIRIM PENGADUAN",
4. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan
Sementara itu, proses pembuatan laporan pengaduan gangguan dengan menggunakan titik lokasi adalah sebagai berikut:
1. Pilih menu "Pengaduan"
2. Pilih salah satu jenis pengaduan gangguan, perlu untuk diketahui jika jenis gangguan hanya dapat diubah sebelum memilih ID Pelanggan/No. Meter
3. Lalu pilih ID Pelanggan/No. Meter yang telah terdaftar pada akun PLN Mobile, atau masukkan ID Pelanggan/No. Meter secara manual jika belum terdaftar, maupun ID Pelanggan/No. Meter lainnya. pelanggan juga dapat memilih menu "Gunakan Titik Lokasi". Pastikan tagging koordinat lokasi gangguan telah sesuai, kemudian pilih "KONFIRMASI". Isikan data lokasi yang sesuai mulai dari Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, hingga Desa/Kelurahan. Kemudian pilih tombol "LANJUTKAN".
4. Lampirkan foto kendala (bila ada), dan input deskripsi laporan, lanjutkan dengan memilih "KIRIM PENGADUAN"
5. Pelanggan akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx. Pilih “OK” sehingga laporan diteruskan ke pihak terkait, sementara layar gawai diteruskan ke halaman Riwayat Pengaduan.
Selanjutnya, pelanggan tinggal melacak status penanganan gangguan yang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan secara real time.
Mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.