Find Us On Social Media :

Kemenkes RI Siapkan Alat PCR Terbaru Untuk Deteksi Varian Omicron Diklaim Hasilnya Akan Lebih Cepat dari Sebelumnya

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa pihaknya akan memepersiapkan alat tes PCR terbaru untuk deteksi varian Omicron lebih cepat

GridFame.id- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan persiapkan alat tes PCR terbaru yang bisa digunakan pada varian Omicron Covid-19.

Kabar ini disampaikan Menteri Kesehatakan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang menyatakan bahwa pihaknya akan menyebarkan alat tes {CR dengan teknologi terbarunya.

Tes Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang dimaksud adalah S Gene Target Failure (SGTF) yang diklaim dapat mendeteksi varian Omicron di Indonesia.

Menurut informasi yang dihimpun metode SGTF ini akan dapat memeberikan indikasi awal pada hasil positif Covid-19 Omicron dalam waktu 4-6 jam.

Bahkan menurutnya metode SGTF lebih mudah dan cepat dalam mengidentifikasi varian Omicron sehingga bisa langsung dilakukan tindakan lebih lanjut kepada orang yang terindikasi.

Dirinya juga memeparkan pihaknya akan menggunakan metode pemeriksaan SGTF dibadung WGS karena alasan masa tunggu pemeriksaan yang relatif lebih lama.

“Kita sudah sebarkan di seluruh pintu masuk luar negeri utama sehingga kita bisa lebih cepat mengidentifikasi Omicron, menggunakan tes PCR yang Cuma 4-6 jam dibandingkan dengan tes genome sequencing yang akan terlihat hasilnya dalam 3-5 hari,” ujar Budi mengutip YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Epidemiolog Bantah Istilah Demicron Gabungan Delta dan Omicron yang Sempat Buat Geger Ini Fakta Terbarunya!