Find Us On Social Media :

Gegara Raditya Dika jadi Viral! Ternyata Ini Efek Mengejutkan Makan Kiwi Pakai Kulitnya

Raditya Dika

GridFame.id - Pernahkah Anda makan buah kiwi?

Kiwi dikenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan vitamin.

Hal ini tentu sangat baik untuk tubuh terutama untuk Anda yang ingin memiliki tubuh sehat.

Namun pernahkah Anda berpikir untuk makan kiwi sekaligus buahnya?

Dikutip dari Healthline, kulit kiwi memang mengandung konsentrasi nutrisi yang tinggi.

Terutama serat, folat, dan vitamin E. Ketiga nutrisi itu penting bagi tubuh.  Serat sebagai sumber makanan bagi bakteri baik yang hidup di usus.

Sehingga bisa membantu pencernaan lebih lancar dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, juga diabetes.

Simak di sini manfaat kulit kiwi seperti yang dilakukan stand up komedian Raditya Dika.

Baca Juga: Jangan Sampai Ketergantungan Obat Kimia, Yoghurt Tenyata Bisa jadi Obat Alami yang Ampuh Atasi Mag jika Dikonsumsi dengan Cara Ini

YouTuber sekaligus Komika (sebutan untuk pelaku Stand Up Comedy), Raditya Dika, membuat netizen heboh. Pasalnya, dalam Insta Story yang diunggah oleh dirinya sendiri dan sang istri, Anisa Aziza, ia terlihat sedang makan buah kiwi dengan kulitnya. Para pengikut Instagram Raditya Dika pun sontak kaget dengan tingkah laku pria yang juga menggeluti bidang perfilman ini. Mereka bertanya-tanya, mengapa Raditya Dika makan buah kiwi tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang. Apakah sebenarnya boleh mengonsumsi kiwi langsung dengan kulitnya? Jawabannya, ya, boleh. Meskipun teksturnya yang bagi sebagian orang aneh, karena terdapat bulu-bulu halus, kulit kiwi ternyata menyinpan banyak manfaat untuk kesehatan. 1. Sumber serat Dalam studi yang dipublikasikan di National Health Institute, kulit kiwi kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, konsumsi makanan dengan tinggi serat seperti kulit kiwi dan buahnya, juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.  2. Folat Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk pertumbuhan dan pembelahan sel.  Folat juga diperlukan oleh ibu hamil dalam mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Sekarang, Tak Melulu Konsumsi Obat Mahal! Darah Tinggi Ternyata Bisa Diatasi dengan Obat Alami dari Pisang dan Satu Bahan Ini

3. Vitamin E Kiwi dan kulitnya merupakan sumber vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan.  Antioksidan dari vitamin E berguna untuk menangkal dan melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas. Melansir Healthline, Senin (03/01/2022), kandungan antioksidan bahkan lebih banyak di kulit kiwi dibandingkan dengan daging buahnya. Selain vitamin E, kulit kiwi juga mengandung vitamin C yang bisa mengatasi kerusakan oksidatif di sel dan aliran darah.  Keseluruhan antioksidan yang terkandung di kulit kiwi, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makan kiwi dengan kulitnya boleh dilakukan karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jika risih makan kulit kiwi karena ada bulu-bulu halus, coba hilangkan dengan menggunakan handuk atau gosok perlahan pakai sendok setelah dicuci.