Find Us On Social Media :

Kaum Hawa Tolong Waspada! Ini 3 Kriteria Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi sakit Kandung Kemih

GridFame.id - Kaum hawa sebaiknya mulai waspada sejak sekarang.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau yang biasa disebut dengan infeksi saluran kencing atau urinary tract infection merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan dari berbagai usia.

Namun perempuan memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit ini.

Dikutip dari Healthline, gejala penyakit ini biasanya ditandai oleh rasa sakit saat buang air kecil.

Selain itu juga muncul rasa ingin buang air kecil terus-terusan, warna urin keruh bahkan berdarah, urin berbau tidak sedap, rasa kram di perut bagian bawah, nyeri panggul, dan demam.

ISK bisa berlarut-larut jika tak segera diobati.

Jika sudah begitu, bagaimana cara mengatasinya?

Yuk simak cara tepat mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Bukan Setelah, Ini Akibat Fatalnya Kalau Tidak Buang Air Kecil Sebelum Berhubungan Intim

Saluran kemih merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai peran untuk memproduksi urin atau air kencing. Perlu diketahui, saluran kemih terdiri dari dua ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, dilansir dari Kidney.org, Jumat (04/02/2022). Saat bakteri masuk ke saluran kemih dan tumbuh dengan tidak normal, ini disebut dengan penyakit infeksi saluran kemih atau dikenal dengan ISK. Siapapun bisa mengalami ISK tapi ada beberapa faktor tertentu yang membuat seseorang berisiko terkena infeksi saluran kemih ini. 1. Berjenis kelamin wanita. Ternyata, ISK paling sering diderita oleh wanita dibandingkan pria, karena uretra yang lebih pendek. Kondisi itu, membuat bakteri jadi lebih mudah untuk mencapi kandung kemih dan menyebabkan infeksi. 2. Penyandang diabetes. Penyakit infeksi saluran kemih umum dialami penyandang diabetes, karena mereka mempunyai sistem imun yang lemah, membuat infeksi lebih mudah terjadi. 3. Orang dengan penyumbatan saluran kemih. Misalnya penderita batu ginjal atau kelenjar prostat yang membesar, akibatnya aliran urin terhalangi dan menyebabkan ISK.

Apa saja gejala penyakit saluran kemih?