Find Us On Social Media :

Astaga Penderita Diabetes Bisa Kritis! Ini 4 Gejala Awal Kadar Gula Tinggi yang Tak Boleh Disepelekan

Kadar gula darah tinggi yang dialami penderita diabetes bisa diturunkan secara alami

GridFame.id - Penderita diabetes harus tahu! 

Hipoglikemia adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah atau glukosa lebih rendah dari batas normal.

Bila kadar gula dalam darah rendah, maka tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas.

Jika tidak segera ditangani, hipoglikemia dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti kerusakan organ secara permanen.

Hipoglikemia dapat terjadi pada siapa saja.

Meskipun, kondisi ini memang lebih sering terjadi pada penderita diabetes akibat obat-obatan yang dikonsumsi.

Kadar gula darah tinggi memiliki beberapa gejala awal yang bisa diperhatikan.

Karena jika dianggap sepele, penderita diabetes bisa berada di kondisi kritis!

Apa gejala awal kadar gula darah tinggi?

Baca Juga: Penderita Diabetes Bernapas Lega! Cuma Rutin Konsumsi Lada Putih, Kadar Gula Darah Turun Drastis Tanpa Obat

Hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi, rentan dialami oleh penyandang diabetes. Melansir American Diabetes Association, Selasa (08/02/2022), penyebab kadar gula darah yang tinggi pada penyandang diabetes cukup beragam. Misalnya, kurang insulin pada penyandang diabetes tipe 1 atau insulin yang tidak efektif bagi penyandang diabetes tipe 2. Gaya hidup seperti makan atau olahraga berlebihan dan stres, ternyata juga bisa memengaruhi gula darah seseorang. Kadar gula darah yang tinggi, sangat berbahaya bagi penyandang diabetes karena bisa menyebabkan ketoasidosis atau koma diabetes. Kondisi ini terjadi saat tubuh tidak mempunyai insulin yang cukup. Jika begitu, maka tubuh tak bisa menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Sebagai gantinya, tubuh akan menggunakan lemak untuk bahan bakar pembuat energi. Ketoasidosis atau koma diabetes adalah kondisi yang mengancam nyawa. Sehingga perlu segera ditangani.

Baca Juga: Penderita Diabetes Kegirangan, Ini 5 Khasiat Menakjubkan Makan Kacang Polong Rebus Gejala gula darah tinggi Agar bisa menghindari risiko ketoasidosis, penting bagi penyandang diabetes ataupun orang terdekatnya untuk mengetahui gejala kadar gula darah tinggi (hiperglikemia), dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (08/02/2022). Gejalanya biasanya terjadi saat kadar gula darah sudah di atas 180 hingga 120 miligram per desiliter (mg/dL). Berikut adalah gejala hiperglikemia penyandang diabetes, mulai dari ringan hingga serius. Gejala awal gula darah tinggi Mengetahui beberapa gejala awal hiperglikemia berikut ini, dapat membantu mempercepat penanganan: 1. Beser atau sering buang air kecil 2. Merasa lebih mudah haus 3. Pandangan yang kabur 4. Kelelahan dan sakit kepala.