Find Us On Social Media :

Tidak Perlu Panik, Berikut Cara Turunkan Risiko Covid-19 pada Penderita Diabetes

Komorbid diabetes rentan terinfeksi Covid-19

GridFame.id- Penderita Covid-19 dengan komorbid diabetes memang kemungkinan besar mengalami komplikasi serius hingga meninggal dunia.

Seperti yang pernah diungkap Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito yang menyatakan bahwa mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Indonesia memiliki komorbid diabetes melitus,

“Mayoritas kasus poistif yang meninggal dunia dikontribusikan komorbid diabetes melitus dan 15 persen di antaranya memiliki riwayat komorbid lebih dari satu jenis penyakit,” uajrnya dalam konferensi pers daring (15/2).

Pernyataan yang sama sempat juga diakatakan oleh American Diabetes Association melalui laman resminya.

Bahwa penderita diabetes termasuk kelompok risiko tinggi yang mengalami komplikasi parah sampai berisiko meninggal dunia ketika terkena Covid-19.

Faktor ini bisa jadi diakibatkan karena kemungkina terjadi karena kadar gula darah yang tinggi sehingga membuat sistem imun penderita melemah dan akhirnya akan sulit melawan infeksi.

Kendati demikian hingga saat ini belum ada data yang cukup untuk bisa memastikan bahwa komorbid diabetes lebih mungkin terjangkit Covid-19 daripada masyarakat umum.

Meski dikatakan penderita diabetes termasuk salah satu kelompok rentan risiko tinggi ketika terinfeksi Covid-19, namun sebaiknya Anda tidak perlu khawatir berlebihan saat dinyatakan positif Covid-19.

 Baca Juga: Demam Pilek Serta Sakit Tenggorokan, Kapan Harus Swab Antigen atau PCR? Begini Penjelasan Satgas Covid-19

Seperti diungkap Doter Spesialis Penyakit Dalam RS Primaya Evasasri dr. Nugraheni Irdam Sp.PD, M.Kes mengatakan melalui laman resmi rumah sakit setempat beberapa langkah yang harus dilakukan penderita diabetes saat terpapar Covid-19.

Apa saja ya kira-kira?

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.