Find Us On Social Media :

Penderita Diabetes Bisa Kritis Hingga Kehilangan Nyawa! Ini 6 Ancaman Komplikasi yang Bisa Menggerogoti Tubuh jika Sepelekan Kadar Gula Darah

Komplikasi yang terjadi padapenyandang diabetes.

GridFame.id - Penderita diabetes harus catat ini baik-baik.

Dilansir dari Mayo Clinic, Senin (07/02/2022), hipoglikemia diabetik terjadi saat penyandang diabetes tidak punya gula darah (glukosa) yang cukup di darahnya.Glukosa sangat penting untuk menjadi bahan bakar tubuh dan otak, sehingga saat kadar gula darah rendah, maka kedua organ tersebut tidak berfungsi secara baik.Penyandang diabetes disebut mempunyai kadar gula darah rendah, jika saat dicek glukosanya berada di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dL) atau 3.9 milimol per liter (mmol/L).Penyandang diabetes harus memperhatikan gejala awal gula darah rendah, seperti tubuh gemetar, pusing, keringat berlebih, lapar, sulit untuk konsentrasi, atau detak jantung lebih cepat.Selain itu, gula darah rendah juga akan membuat penyandang diabetes merasa bingung, sensitif atau moody, dan merasa cemas.

Jika penderita diabetes tak mengontrol kadar gula dalam darah, akibatnya bisa terjadi komplikasi dalam tubuh.

Simak di sini 6 komplikasi yang biasa dialami para penderita diabetes yang tak boleh disepelekan.

Apa saja?

Baca Juga: Tolong Waspada! Ini 4 Gejala Awal Gula Darah Tinggi, Penyandang Diabetes Bisa Koma Jika Ini Diabaikan

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa atau kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Glukosa darah adalah sumber energi utama manuia yang berasal dari asupan makanan.

Kadar glukosa dikontrol oleh insulin. Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas untuk membantu glukosa dari makanan masuk ke sel tubuh agar bisa diolah menjadi energi. Terkadang, tubuh tidak menghasilkan insulin atau tidak menggunakan insulin dengan baik. Hal tersebut membuat glukosa tetap berada dalam darah dan tidak mencapai sel-sel tubuh. Komplikasi diabetes Seiring waktu, memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bahkan, hal tersebut bisa memicu komplikasi yang serius:

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Koma Kalau Dibiarkan! Ini Gejala Hipoglikemia dan Cara Mencegahnya

1. Penyakit kardiovaskular Diabetes bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dengan nyeri dada (angina), serangan jantung, stroke dan penyempitan arteri (aterosklerosis). Jika Anda memiliki diabetes, Anda juga lebih rentan memiliki penyakit jantung atau stroke. 2. Kerusakan ginjal Ginjal mengandung jutaan kelompok pembuluh darah kecil ang menyaring limbah dari darah. Diabetes dapat merusak pembuluh darah yang menyaring limbah tersebut dan memicu gagal ginjal atau penyakit ginjal stadium akhir. 3. Masalah kaki Diabetes bisa memicu lerusakan saraf, yang memengaruhi rasa di kaki. Selain itu, peningkatan gula darah juga dapat merusak sirkulasi, sehingga memperlambat penyembuhan luka. Hal tersebut yang seringkali memicu masalah pada kaki, hingga menyebabkan amputasi.

Baca Juga: Tak Perlu Lagi Takut Terkena Diabetes! Cukup Konsumsi Biji Labu Kuning, Ampuh Untuk Mengatasi Kadar Gula dalam Tubuh