Find Us On Social Media :

Catat Baik-Baik! Ini Daftar Harga Obat Covid-19 Sekaligus Cara Dapatkan Secara Gratis Diantar ke Rumah

Ilustrasi pasien Covid-19, isolasi mandiri, pemeriksaan setelah isolasi mandiri, isoman.

GridFame.id - Segera beri tahu keluarga yang sedang isolasi mandiri!

Kasus penambahan Covid-19 di Indonesia semakin meningkat.

Pemerintah memprediksi gelombang tiga yang diprediksi datang di pertengahan Februari hingga Maret 2022 kian nyata. Maka dari itu pemerintah tengah menyiapkan strategi baiknya dalam menghadapi adanya lonjakan kasus hingga gelombang ketiga Covid-19. Mulai dari pencapaian vaksinasi booster untuk prioritas kalangan rentan dan lansia hingga penggunaan obat Covid-19 yang cocok bagi penderita terkonfirmasi. Jika dulu Ivermectin merupakan salah satu obat yang dinilai sembuhkan Covid-19, namun tampaknya tidak berlaku kali ini. Setidaknya ada 2 obat-obatan Covid-19 yang kini sedang dipersiapkan oleh pemerintah Indonesia dalam penanganan pasien terkonfirmasi. Dua obat terapi Covid-19 ini diantaranya adalah Avigan dan Molnupiravir yang sudah mendapat persetujuan organisasi dokter.

Simak di sini harga Obat Covid-19 dan cara mendapatkannya secara gratis.

Baca Juga: Positif Covid-19, Hindari Deretan Makanan dan Minuman Ini Jika Tak Mau Celaka

Meningkatnya kasus Covid-19 belakangan ini, membuat kebutuhan obat antivirus juga bertambah. Obat Covid-19 menjadi hal yang dicari oleh masyarakat yang harus menjalani isolasi mandiri. Perlu diingat, pasien Covid-19 yang bisa menjalani isolasi mandiri (isoman) hanya mereka yang memenuhi syarat klinis dan syarat rumah yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Syarat klinis yang dimaksud yakni usia di bawah 45 tahun, tidak mempunyai komorbid, dan bersedia komitmen menjalani isoman. Sedangkan syarat rumah yaitu mempunyai kamar tidur dan kamar mandi yang terpisah dari anggota keluarga lain, serta dapat menggunakan pulse oksimeter. Saat ini terdapat empat jenis obat Covid-19 yang secara resmi digunakan di Indonesia. Keempat antivirus tersebut yakni Favirapir (Avigan), Remdesivir, Molnupiravir, dan Nirmatrelvir/Ritnovir (Paxlovid). Obat-obat Covid-19 tersebut mempunyai harga yang cukup beragam. Misalnya, harga obat Covid-19 Favirapir (Avigan) 200 mg, diketahui sebesar Rp22.500 per tablet.

Baca Juga: Berikut Waktu Isoman Pasien Omicron Berdasar Aturan Terbaru Kemenkes

Sementara itu, Remdesivir 100 mg (injeksi) seharga Rp510.000 per vial, dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id. Sedangakan Molnupiravir yang mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) pada pertengahan Januari lalu harga jual obat atau HET-nya belum diketahui. Namun, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri bisa mendapatkan obat tersebut secara gratis. Berikut caranya. 1. Melakukan tes RDT-Antigen di fasilitas kesehatan atau laboratorium yang sudah terafiliasi dengan sistem NAR dari Kemenkes. 2. Jika hasil positif, maka pasien Covid-19 akan mendapatkan pesan otomatis dari Kemenkes melalui WhatsApp. Akan tetapi jika tak menerima pesan apapun, lakukan cek NIK secara pribadi di laman https://isoman.kemkes.go.id/ 3. Gunakan voucher yang diterima untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan menembus obat yang diresepkan. Obat Covid-19 akan dikirimkan oleh Kimia Farma melalui layanan jasa Sicepat ke rumah pasien.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Varian Omicron! OTG Segera Lakukan Isolasi Mandiri Jika Alami Beberapa Gejala Berikut Ini

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya di GridHealth.id dengan Judul "Sedang Isolasi Mandiri? Segini Harga Obat Covid-19, Bisa Didapatkan Gratis"