Find Us On Social Media :

Positif Covid-19, Hindari Deretan Makanan dan Minuman Ini Jika Tak Mau Celaka

Makanan.

GridFame.id - Peningkatan kasus pasien terinfeksi Covid-19 semakin melonjak.

Cukup tingginya kasus ini karena penularan Omicron disebut 105 persen lebih menular.

Omicron lebih menular daripada variasi lainnya, dan dapat menghindari vaksinasi serta menyebabkan infeksi ulang.

Sementara jumlah infeksi meningkat, jumlah rawat inap terkait Omicron menurun.

Mereka yang mendapat dosis ganda atau booster lebih kecil kemungkinannya untuk dirawat di rumah sakit atau meninggal jika terkena varian ini.

Jika Anda atau keluarga terinfeksi Covid-19 dan harus menjalani isolasi, ingat untuk jaga pola makan.

Hindari juga deretan makanan dan minuman ini agar tak memperburuk keadaan.

Makanan apa saja?

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Varian Omicron! OTG Segera Lakukan Isolasi Mandiri Jika Alami Beberapa Gejala Berikut Ini

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Varian Omicron menjadi salah satu mutasi virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19 yang saat ini mendominasi infeksi kasus di banyak negara termasuk Indonesia. Prevalensi atau jumlah kasus terkonfirmasi positif alias terinfeksi Omicron (B.1.1.529) di Indonesia juga terus meningkat. GISAID mencatat, perkembangan kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia telah mencapai 5.045 kasus per Jumat, 11 Februari 2022. Gejala khas infeksi Omicron Dokter Spesialis Paru, Erlina Burhan mengatakan, gejala klinis yang khas dan terbanyak dari infeksi Omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan, terutama tenggorokan terasa gatal. “Gejala lainnya lagi yang cukup sering tapi tidak khas dialami pasien Omicron adalah mudah lelah, sakit kepala, dan nyeri otot,” ucapnya dalam diskusi daring bertajuk "Super Immunity on Covid-19 : What and How?", Sabtu (22/1/2022). Dengan indikasi gejala-gejala ringan yang hampir menyerupai sakit influenza atau flu ini, Erlina mengingatkan agar petugas kesehatan lebih memperhatikan lagi perbedaan Omicron dengan flu biasa. "Tolong dicermati ini, gejala yang khas dari infeksi Omicron. Memang sedikit mirip dengan flu, tapi flu itu jarang loh nyeri tenggorokan dan tenggorokan gatal," jelasnya. Meskipun cenderung memiliki gejala yang ringan pada pasien yang pernah terinfeksi Covid-19 atau sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, bagi Anda yang terinfeksi Omicron sebaiknya fokus untuk pemulihan dan menghindari beberapa makanan dan minuman di bawah ini supaya tidak mendapati gejala yang lebih serius daripada sebelumnya.

Baca Juga: Begini Cara Membedakan Sakit Tenggorokan Karena Omicron Atau Bukan

  Daftar makanan dan minuman yang harus dihindari 1. Jeruk Melansir Eatthis.com, Kamis (13/2/2020), jeruk merupakan sumber antioksidan yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tubuh yang kuat, buah bercita rasa asam manis ini mampu mengusir virus flu lebih cepat. Robert G. Lahita, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health sekaligus penulis Immunity Strong mengatakan, meski dapat membantu menangkal pilek, tetapi jeruk harus dihindari karena dapat memperparah salah satu gejala Omicron, yaitu sakit tenggorokan. "Makanan dan minuman yang mengandung jeruk dan sedikit asam dan sangat sulit untuk ditelan. Ini juga akan memperparah gejala sakit tenggorokan," kata Robert atau yang akrab disapa Bob itu. Sebaliknya, ia menyarankan untuk pasien Omicron agar mengonsumsi makanan lunak seperti yogurt dan probiotik lainnya. 2. Minum alkohol Minum alkohol merupakan hal utama yang harus dihindari ketika terinfeksi Omicron. Sebab, saat seseorang sakit membutuhkan tambahan asupan nutrisi lebih banyak. Bob menjelaskan saat seseorang sakit, maka orang itu butuh tambahan asupan nutrisi, termasuk kalori yang berkualitas. Namun minum minuman alkohol bukanlah solusi untuk hal itu. "Minuman alkohol bukanlah solusi untuk hal itu. Ini bukan ide yang bagus karena akan membuat tenggorokan Anda semakin sakit. Alkohol itu akan membakar tenggorokan," kata Dr. Bob. Sebagai solusinya, pasien Omicron harus mengonsumsi minuman sehat, bertekstur lembut, dan padat kalori, salah satunya seperti protein shake atau minuman dari bubuk protein yang dicampur dengan air.