Find Us On Social Media :

Pantas Indonesia Masih Belum Bisa Melepas Pemakaian Masker, Ternyata Ini Masalah yang Belum Selesai!

GridFame.id - Meski masih bertambah setiap harinya, kasus Covid-19 di Indonesia sampai saat ini terbilang masih bisa terkendali.

Hal itu dibuktikan dengan jumlah penambahan kasus yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan negara lain.

Namun kondisi tersebut rupanya cukup memicu pertanyaan masyarakat awam.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah kenapa Indonesia masih belum bisa melepas pemakaian masker jika memang kasus Covid-19 sudah terkendali?

Diketahui masker sendiri merupakan satu dari sekian protokol kesehatan yang paling efektif menangkal penularan virus Covid-19.

Menurut laman Mayo Clinic (13/2/2021), dengan menggunakan masker yang dikombinasikan dengan prokes lain seperti mencuci tangan dan menjaga jarak, kita dapat memperlambat penularan penyakit tersebut.

Lantas kenepa Indonesia masih belum bisa melepas pemakaian masker?

Berikut penjelasan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Soedjatmiko seperti dilansir dari laman tribunnews (1/3/2022).

Menurut pria yang akrab disapa Prof Miko itu, protokol kesehatan di Indonesia termasuk melepas masker belum dapat dilonggarkan dengan berbagai pertimbangan.

Baca Juga: Telan Pil Pahit Kembali Terinfeksi Covid 19, Maia Estianty Bagikan Caranya Agar Tidak Stress Selama Isoman Mandiri, Apa ya?

Salah satunya adalah angka kematian karena Covid-19 yang meningkat terus sejak Januari hingga 27 Februari 2022.

“Bulan Desember angka kematian setiap hari di bawah 10 orang. Mulai akhir Januari setiap hari kematian meningkat terus, sampai akhir Februari menjadi sekitar 250-300 kematian setiap hari di Indonesia,” paparnya.