Find Us On Social Media :

Penderita Bisa Koma dan Ginjal Rusak! Ini 5 Akibat Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang Tak Diobati

Penyebab infeksi saluran kemih hingga cara mencegahnya.

GridFame.id - Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau yang biasa disebut dengan infeksi saluran kencing atau urinary tract infection.

Penyakit ini merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang di dalam saluran kencing.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan dari berbagai usia.

Namun perempuan memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit ini.

Dikutip dari Healthline, gejala penyakit ini biasanya ditandai oleh rasa sakit saat buang air kecil.

Selain itu juga muncul rasa ingin buang air kecil terus-terusan, warna urin keruh bahkan berdarah, urin berbau tidak sedap, rasa kram di perut bagian bawah, nyeri panggul, dan demam.

ISK bisa berlarut-larut jika tak segera diobati.

Bahkan jika tak dituntaskan, nyawa bisa melayang.

Simak di sini 5 akibat yang harus ditanggung jika ISK tak diobati secara tuntas.

Baca Juga: Mohon Lebih Peka! Mendadak Batuk Setelah Makan Dikiranya Cuma Tersedak, Rupanya Dapat Menjadi Tanda Terkena Sederet Penyakit Mengerikan Salah Satunya Infeksi Saluran Pernafasan

Penyakit infeksi saluran kemih (ISK) harus diobati hingga tuntas alias sembuh. Sebab jika tidak, ada berbagai komplikasi membahayakan yang bisa terjadi akibat penyakit infeksi tersebut. Diketahui ISK sendiri terjadi karena adanya bakteri E.Coli yang menginfeksi saluran kemih. Menurut laman WebMD (31/10/2021), gejala ISK bisa dirasakan secara langsung. Mulai dengan demam, rasa nyeri saat buang air kecil, anyang-anyang, ketidak mampuan untuk mulai buang air kecil, urine yang keluar sedikit, urine keruh berbau menyengat, nyeri dibagian bawah perut, sampai ada darah atau nanah dalam urine. Kondisi ini perlu penanganan medis segera, apalagi jika gejalanya yang muncul terasa sangat sakit bagi penderitanya. Dimana ISK yang tidak dirawat dengan cepat dan tepat bisa menyebabkan komplikasi. Bahkan, komplikasi ISK yang bisa terjadi bisa mengarah pada konsekuensi yang serius dan berbahaya. Melansir laman mayoclinic.org (23/4/2021), ini beberapa bahaya penyakit infeksi saluran kemih yang mungkin terjadi saat tidak tertangani dengan baik.

Baca Juga: Kaum Hawa Tolong Waspada! Ini 3 Kriteria Orang yang Berisiko Tinggi Terkena Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan Cara Mencegahnya