Find Us On Social Media :

Organ Vital Sebelah Kanan Kosong, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Orang yang Hidup dengan Satu Ginjal Seperti Acha Septriasa

Acha Septriasa

GridFame.id - Kabar mengejutkan datang dari artis cantik Acha Septriasa.

Terlihat sehat dan bugar, ternyata Acha Septriasa selama ini hidup dengan satu ginjal saja.

Hal ini diungkapkan Acha di depan Ashanty sembari mengenang masa lalunya yang kerap pingsan tiba-tiba.

"Aku sebenarnya ginjalnya satu itu dari kecil, tapi baru ditemukannya, USG dan MRI, dan CT scan-nya, baru ditemukan umur aku 18 tahun," ucap Acha dikutip dari YouTube Ngobrol Asix, Rabu (6/4/2022).

"Pokoknya sering pingsan tuh, misalnya sudah kecapean banget, 8 hari tiba-tiba pingsan, dicek ke dokter sebelum tahu ginjal satu, cuma selalu ngeluhnya sakitnya di sebelah kiri," ujarnya.

"Waktu itu lagi sekolah, pingsan, dibawalah lewat ambulans gitu dibawanya, jadi langsung sampai rumah sakit," tuturnya.

"Dicek dari kiri ke kanan, 'hah kok kosong?' Kosong, enggak ada ternyata. Nah di situ baru akhirnya ketahuan bahwa ya sudah, dinyatakan langsung, ditulis sama dokter bahwa ini anak ternyata memiliki satu ginjal dan itu dari dulu," tandasnya.

Belajar dari kondisi Acha Septriasa, ini beberapa hal yang harus diperhatikan orang yang hidup dengan satu ginjal.

Apa saja?

Baca Juga: Ngeri Banget! Begini Kronologi Acha Septriasa Tahu Ginjalnya Cuma Satu, Gejalanya Ternyata Sering Dirasakan Semua Orang!

Manusia umumnya memiliki sepasang ginjal di sebelah kanan dan kiri perut bagian bawah.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang hidup dengan satu ginjal. Seperti diketahui, fungsi ginjal yang utama adalah membuang sisa limbah dan kelebihan cairan dari tubuh.