Find Us On Social Media :

Persiapan Mudik Ini Jadwal Lengkap Uji Coba Ganjil Genap di Ruas Tol Cikampek

Persiapan mudik Lebaran ini jadwal rekayasa lalu lintas ganjil genap di sejumlah ruas tol Cikampek

GridFame.id- Pemerintah akan berlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap (gage) di sejumlah ruas tol menjelang mudik Lebaran 2022.

Kegiatan ini jadi simulasi sebelum tiga kebijakan rekayasa lalun (oneway, gage, dan pembatasan truk 3 sumbu ke atas akan diterapkan secara bersamaan pada 28 April 2022).

Uji coba ganjil genap (gege) dilakukan oleh Korlantas yang bekerja sama dengan Kemenhub, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan tol (BUJT).

Rencananya uji coba ganjil genap itu akan diberlakukan mulai hari ini sampai dua hari ke depan.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengungkapkan uji coba akan terbagi dalam 3 hari.

“Uji coba rekayasa lalu lintas mudik kami informasikan jadwal pelaksanaan uji coba penerapan rekayasa lalu lintas ganjil-genap,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkap mengenai kemungkinan akan diterapkan rekayasa lalu lintas seperti contraflow dan juga one way.

Namun kedua aturan tersebut baru akan dilaksanakan jika terpantau kondisi jalan tol mengalami macet parah.

“Apabila terjadi kepadatan akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalin contraflow. Apabila masih terjadi kepadatan melebihi batas maksimal, akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalin one way,” bebernya.

 Baca Juga: Dicatat! Begini Aturan Cuti Bersama dan Juga Mudik Lebaran yang Berlaku Bagi ASN

Dengan begini diharap pengendara mematuhi dan memahami jadwal yang sudah dibeberkan oleh pihak Kepolisian terkait penerapan rekayasa lalu lintas ganjil genapp di sejumlah ruas tol.

Kendati demikian, jika nantinya ada pengguna jalan tol yang moblnya tidak sesuai dengan kebijakan  ganjil genap maka dapat menggunakan jalur arteri sebagai alternatif menuju ke tempat tujuan.