Find Us On Social Media :

Kembali Mengancam Dunia dan Punya Gejala yang Sama Ini Bedanya Cacar Air dan Cacar Monyet

Bedanya cacar monyet dan cacari air

 

GridFame.id- Wabah cacar monyet menambah rangkaian masalah kesehatan yang melanda dunia setelah Covid-19 dan hepatitis akut.

Cacar monyet adalah salah satu penyakit langka yang disebabkan oleh virus cacar monyet bagian dari keluarga yang sama dengan cacar.

Dilansir dari Medscape, istilah cacar monyet dikenal sejak tahun 1958 setelah kasus pertama didokumentasikan pada monyet yang digunakan untuk penelitian.

Namun monyet bukan pembawa utama penyakit tersebut. Cacar monyet ditularkan ke manusia melalui gigitan hewan yang terinfeksi atau menyentuh darah, cairan tubuh dan bulu hewan yang terinfeksi.

Namun beberapa masyarakat masih salah paham atas pengertian penyakit cacar monyet dan juga cacar air.

Banyak yang menduga bahwa cacar monyet dan cacar air adakah penyakit yang sama baik dari segi penularan, bahayanya hingga masa inkubasinya.

Padahal sebenarnya antara cacar air dan cacar monyet sendiri adalah dua penyakit yang beerbeda.

Meski jika dilihat sekilas antara cacar monyet dan cacar air memiliki ciri bahkan gejala yang sama namun keduanya merupakan penyakit yang berbeda.

Bahkan satu diantaranya bisa menyebabkan dampak yang buruk bagi penderitanya yakni sampai kematian. Lantas sebenarnya apa saja perbedaan antara cacar monyet dan cacar air?

 Baca Juga: Ini Kelompok yang Dinyatakan Rentan Terinfeksi Cacar Monyat Versi CDC

 

Jika dilihat dari cara penularannya cacar air merupakan penyakit yang lebih mudah menular dibanding cacar monyet.