Find Us On Social Media :

Benarkah Bumi Berputar Lebih Cepat Tanda Kiamat Sudah Dekat? Lagi Ramai di TikTok, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Ahli Soal Pergantian Hari yang Terasa Cepat

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan bumi berputar lebih cepat.

GridFame.id - Beberapa waktu ini jagat maya dihebohkan dengan fenomena bumi berputar lebih cepat.

Sudah sejak beberapa waktu ke belakang, banyak yang meyakini bumi berputar lebih cepat dari biasanya.

Penyebab bumi berputar lebih cepat pun menjadi pertanyaan masyarakat.

Berbagai spekulasi bermunculan diduga menjadi penyebab bumi berputar lebih cepat.

Hal ini pun kerap dikaitkan dengan tanda kiamat sudah dekat.

Lantas perlukah kita khawatir bumi berputar lebih cepat dari biasanya?  Para ahli memperkirakan bahwa perputaran bumi yang lebih cepat ini adalah efek sementara dan bumi akan mulai melambat lagi di masa depan. Perputaran bumi yang lebih cepat ini tidak akan berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari.

Benarkah? Simak penjelasan ilmiah ahli kejadian tak biasa yang tengah ramai pembicaraan di TikTok ini.

Baca Juga: Gempa Terkini Berkekuatan Magnitudo 3,7 Telah Terjadi, BMKG Beri Peringatan Hati-hati Gempa Bumi Susulan! Dirasakan Nyata, Ini Wilayah Indonesia yang Kena Dampaknya

Pada 29 Juni 2022, para ilmuwan mengklaim bahwa bumi berputar lebih cepat dibandingkan biasanya, menjadikannya hari terpendek yang tercatat sejak 1960-an.

Leonid Zotov, seorang ilmuwan di Sternberg Astronomical Institute of Lomonosov Moscow State University mengatakan di hari tersebut, bumi menyelesaikan satu putaran penuh selama sehari lebih pendek 1,59 milidetik, dibandingkan perputaran rata-rata perharinya selama 24 jam atau tepatnya 86.400 detik. 

Studi oleh Zotov dan tim ilmuwan telah menguraikan kemungkinan hipotesis untuk percepatan rotasi bumi yang baru.

Dilansir dari Global News, Sabtu (6/8/2022) dilaporkan bahwa Bumi berputar lebih cepat sejak 2016, dan pada tahun 2020 memiliki 28 hari terpendek yang tercatat dalam 50 tahun terakhir.