GridFame.id - Apakah Anda menjadi korban penipuan DANA?
Maraknya kasus penipuan online bisa terjadi di aplikasi jenis apapun.
Termasuk DANA yang merupakan salah satu e-wallet terbesar di Indonesia.
DANA adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital.
Baik online maupun offline dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya.
DANA mejasi dompet digital berplatform terbuka yang siap dimanfaatkan untuk mendukung setiap aktivitas ekonomi dan gaya hidup digital semua kalangan masyarakat Indonesia.
Dengan DANA, masyarakat bisa menjadi lebih produktif, efisien, dan kompeten.
DANA juga dapat dioptimalkan untuk mendukung komitmen pemerintah menghemat biaya produksi dan distribusi uang fisik, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.
Akan tetapi para pengguna DANA juga sebaiknya berhati-hati.
Kenali baik-baik adanya indikasi mencurigakan yang mengatasnamakan DANA.
Apabila mengalami kerugian, segera laporkan dengan cara berikut ini.
Baca Juga: Berapa Limit Saldo di Aplikasi DANA?
Ada beberapa hal yang perlu dicurigai soal adanya indikasi penipuan.
Pertama, perlu diketahui bahwa customer service official DANA tidak pernah meminta PIN atau OTP.
Jika Anda menerima indikasi penipuan yang mengatasnamakan pihak DANA / EDIK seperti menjanjikan sejumlah hadiah, perlu dicurigai.
Apalagi jika meminta untuk memberikan PIN atau kode verifikasi atau meminta kamu mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening tertentu, segera laporkan ke email help@dana.id atau hubungi Customer Care DANA di sini untuk bantuan lebih lanjut.
Untuk itu, jangan pernah memberikan PIN atau kode verifikasi ke siapapun termasuk pihak DANA.
Semua informasi terkait kegiatan promosi DANA dapat dilihat melalui aplikasi DANA atau website resmi DANA https://www.dana.id/promo.
Selalu pastikan kebenaran informasi yang Anda terima.
Cara Melaporkan Penipuan DANA
Pelaporan dapat dilakukan ke email help@dana.id atau hubungi Customer Care DANA di sini untuk bantuan lebih lanjut.
Baca Juga: 8 Langkah Mudah Transfer Gopay ke DANA Begitupun Sebaliknya Pastikan laporan kamu mengandung informasi berikut:
1. Urutan kejadian penipuan secara singkat, padat dan jelas.
2. Melampirkan Foto/Screenshot Bukti Transfer (dapat berupa mutasi rekening yang menunjukkan tanggal dan jam transaksi ke DANA), Foto/Screenshot Chat atau Log Panggilan Telepon dengan pihak Terlapor (terduga penipu) dan/atau bukti pendukung lain yang bisa memperkuat laporan Anda.
3. Customer Care kami akan menghubungi kamu untuk memverifikasi laporan tersebut dan menindaklanjuti dalam 7x24 jam sejak pelaporan dilakukan.
Anda tidak perlu khawatir, DANA juga punya DANA Protection, apabila kendala yang Anda alami masuk dalam syarat ketentuan DANA Protection, maka uang dapat diganti.
Baca Juga: Limit Hingga Rp 10 Juta, Apakah DANA Paylater Bisa Dicairkan dalam Bentuk Uang?