Find Us On Social Media :

Berikut 14 Rumah Sakit Rujukan Bagi Pasien Gagal Ginjal Akut Misterius

Rumah sakit rujukan gagal ginjal akut misterius

 

GridFame.id – Simak daftar 14 rumah sakit rujukan bagi pasien gagal ginjal akut misterius.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menunjuk 14 rumah sakit rujukan perawatan gagal ginjala akut misterius.

Adapun ke 14 rumah sakit rujukan tersebut tersebar di seluruh wilayah RI.

Mengenai daftar 14 rumah sakit ini dirilis berbarengan dengan surat edaran Kemenkes nomor SR.01/05/III/3461/2022 tentang Penatalaksanaan pasien oleh rumah sakit mengacu pada Keputusan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/3305/2022 tentang Tata Laksana dan Manajemen Klinis Gangguan Ginjal Akut Atypical pada anak di faskes.

Surat edaran tersebut telah resmi ditandatangani oleh Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Murti Utami.

Dirinya mengatakan rumah sakit yang bisa melakukan tata laksana awal anak dengan gangguan ginjal akut harus memiliki jumlah fasilias diantaranya berupa insentif High Care Unit (HCU) dan Pediatric Onsentive Care Unit (PICU).

Sementara bagi pelayanan kesehatan yang tidak memiliki fasilitas tersebut dengan kebutuhan medis pasin harus melakukan rujukan ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis ginjal anak dan fasilitas hemodialisis.

Anak dengan kasus suspek gangguan ginjal akut progresif atipikal segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan.

Untuk selanjutnya, fasilitas pelayanan kesehatan melakukan pemeriksaan laboratorium ureum, kreatinin dan pemeriksaan penunjang lain maupun observasi

Jika tidak dapat tertangani dalam 1x24 jam maka fasilitas kesehatan harus melakukan rujukan ke rumah sakit rujukan dialisasi anak.

Lantas mana saja 14 rumah sakit rujukan pasien gagal ginjal akut misterius tersebut?

Baca Juga: Terbebas Dari Ginjal Tanpa Melakukan Cuci Darah Cukup Rutin Minum Air Rebusan Ini