Find Us On Social Media :

Gagal Ginjal Akut Misterius Meresahkan, Cek Hal Ini Saat Pilih Obat Sirup Agar Terhindar dari Cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang Diduga

Tips membeli obat sirup untuk anak

GridFame.id - Gagal ginjal akut misterius masih jadi momok menakutkan bagi orang tua.

Ditambah penyebabnya diduga adalah obat paracetamol sirup yang beredar di pasaran.

Obat paracetamol sirup bisa jadi andalan banyak orang tua dalam mengatasi demam anak.

Nah, bagi para orang tua wajib banget baca info yang satu ini jika mau membeli obat sirup paracetamol.

Sebagai informasi, EG dan DEG merupakan senyawa kimia yang digunakan sebagai zat pelarut pada obat sirup yang dicurigai menjadi penyebab gagal ginjal akut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah merilis daftar obat sirup yang ditemukan terdapat kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas.

Penemuan tersebut berasal dari pengujian sampling yang dilakukan terhadap 36 bets dari 26 obat sirup yang dijual bebas di pasaran.

Namun demikian, menurut BPOM dalam Penjelasan BPOM RI yang diterima redaksi GridHEALTH (20/10/2022), hasil uji cemaran EG tersebut belum dapat mendukung kesimpulan bahwa penggunaan sirup obat tersebut memiliki keterkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut.

Alasannya, selain penggunaan obat, masih ada beberapa faktor risiko penyebab kejadian gagal ginjal akut seperti infeksi virus, bakteri Leptospira, dan multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) atau sindrom peradangan multisistem pasca COVID-19.

Daftar obat sirup yang mengandung Etilen Glikol dan Dietilen Glikol

Berdasarkan hasil sampling yang telah dilakukan oleh BPOM hingga Rabu (19/10/2022), terdapat lima produk obat yang ditemukan terdapat cemaran EG yang melebihi ambang batas.

Di antaranya adalah produk-produk berikut ini.

Baca Juga: Jangan Panik Soal Gagal Ginjal Akut Misterius Pada Anak, Ini yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Anak Sakit