Find Us On Social Media :

Gagal Ginjal Akut Bisa Menular? Serang Ratusan Anak, Jika Ada Gejala Ini Segera ke Dokter! Adakah Kaitan dengan Covid-19, Ini Penjelasan Kemenkes

Gagal ginjal akut bisa menular? ini gejala penyakitnya

GridFame.id - Kasus gagal ginjal akut saat ini begitu meresahkan, penyakit ini menyerang ratusan anak-anak.

Apakah gagal ginjal akut menular?

Tak hanya pertanyaan itu yang mungkin banyak muncul di benak publik, ada pula yang mempertanyakan apakah penyakit ini ada kaitannya dengan covid-19?

Jumlah anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut pun kembali bertambah.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan, ada dua anak di provinsi tersebut yang meninggal dengan gejala gagal ginjal akut, Rabu 19 Oktober 2022).

Namun belum informasi tambahan apakah kedua anak tersebut sebelumnya mengonsumsi obat sirup.

Hingga Selasa, 18 Oktober lalu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat 206 anak menderita gangguan gagal ginjal akut misterius di 20 provinsi di Indonesia, 99 di antaranya meninggal dunia.

Gejala Gagal Ginjal Akut

Jika memasukkan data anak yang meninggal pada Rabu kemarin, berarti sudah ada lebih dari 100 anak yang meninggal dunia akibat gagal ginjal akut. Namun belum ada keterangan resmi lagi dari Kemenkes. “Hingga saat ini jumlah kasus yang sudah dilaporkan hingga 18 Oktober 2022, sebanyak 206 kasus dari 20 provinsi yang melaporkan, dengan tingkat kematian 99 kasus atau 48 persen,” kata Jubir Kemenkes Muhamad Syahril dalam konferensi pers virtual, Rabu (19/10/2022) siang.

Mayoritas anak yang meninggal sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Ibu Kota juga menjadi wilayah dengan kasus gagal ginjal akut pada anak tertinggi di Indonesia.

Lantas apa saja gejala gagal ginjal akut?

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut Misterius Meresahkan, Cek Hal Ini Saat Pilih Obat Sirup Agar Terhindar dari Cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang Diduga