Find Us On Social Media :

Waspada Penipuan Berkedok Spinjam, Begini Cara Pinjam Uang yang Aman di Shopee

Risiko tidak bayar Spinjam

GridFame.id - Ingin pinjam uang yang aman di Shopee? Anda bisa memanfaatkan layanan Spinjam namun perlu waspada ada penipuan yang mengatasnamakan pihak Shopee.

SPinjam atau Shopee Pinjam sendiri adalah produk dari Shopee untuk memberikan pinjaman tunai yang ditawarkan ke penggunanya.

SPinjam menawarkan fitur pengajuan yang mudah dan cepat dengan cicilan bulanan.

Bagi beberapa pengguna yang memang berniat mengajukan, fitur ini tentu sangat menarik.

Penipuan mengatasnamakan pihak Shopee yang digunakan untuk mengajukan pinjaman ke layanan pinjaman online SPinjam, sempat ramai dibicarakan di jagat maya pada 2021 lalu.

Penipuan Berkedok Spinjam

Namun tidak bagi Gita, lewat akun Twitter dengan handle @sagitrp, Gita menceritakan kronologi penipuan dari oknum yang mengaku dari Shopee.

Mulanya, pada tanggal 18 Maret, Gita mendapat sebuah pesan WhatsApp dari nomor dengan kode +1 (AS) yang mengatasnamakan pihak Shopee.

Pesan tersebut berisi bahwa Gita mendapatan hadiah cashback senilai Rp 2.000.000 yang bisa dicairkan lewat ShopeePay.

Namun, oknum tersebut mensyaratkan Gita untuk mengaktifkan fitur SPinjam lebih dulu untuk mencairkannya."Tanpa saya sadari ternyata secara otomatis menjadi pengajuan SPinjam," tulis Gita.

Pelaku kemudian meminta Gita untuk mengirimkan nomor kartu ATM dengan alasan pencarian hanya bisa dilakukan lewat rekening. Ia pun memberikan nomor ATM rekening BCA miliknya, yang diakui Gita sebagai satu-satunya rekening yang terdaftar di Shopee.

Baca Juga: Ini Alasan Limit Spinjam Tak Kunjung Naik