Find Us On Social Media :

Jarang Disadari, Ternyata Ini 8 Penyebab Gagal Log In Akun Shopee dan Cara Mengatasinya

Shopee

GridFame.id - Sebagai aplikasi belanja online terbesar, siapapun bisa membuat akun Shopee.

Akan tetapi dibutuhkan KTP untuk melakukan verifikasi.

Terutama jika ingin menggunakan fitur Shopeepay maupun Shopee paylater.

Ada banyak keuntungan belanja di Shopee.

Pasalnya Shopee kerap memberikan program diskon besar-besaran dan berbagai promo menarik lainnya.

Tentu saja hal ini membuat pengalaman belanja pengguna pun semakin memuaskan.

Tak heran jika Shopee menjadi aplikasi belanja online nomor 1 di Indonesia.

Jutaan jenis produk bisa ditemukan di satu aplikasi saja.

Terlebih, Shopee juga bisa dilakukan untuk berbagai transaksi seperti bayar BPJS, beli token listrik, beli tiket bioskop, dll.

Sayangnya beberapa pengguna mengalami kendala saat ingin masuk ke akun mereka.

Ternyata ini 8 penyebab gagal login akun Shopee dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Apakah Bisa Hapus Akun Shopee Saat Masih Ada Tagihan Spaylater?

Penyebab Gagal Log in Akun Shopee

Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, upaya Log in yang gagal ke akun Shopee Anda dapat terjadi karena alasan berikut:

1. Password salah

Periksa kembali apakah Anda telah memasukkan password dengan benar.

Jika Anda lupa password, temukan solusi mengenai reset password akun Shopee jika Anda lupa.

2. Salah no. telepon

Periksa kembali apakah Anda sudah memasukkan no. telepon yang terdaftar.

Pastikan Anda sudah memasukkan no. telepon yang terdaftar pada akun Shopee.

3. Gagal Verifikasi Wajah

Verifikasi Wajah dapat dilakukan jika Anda sudah melakukan verifikasi ShopeePay.

Sistem Shopee akan melakukan pengecekan apakah wajah Anda sudah sesuai dengan saat verifikasi ShopeePay.

Baca Juga: Bisa Jualan Meski Tanpa Modal! Simak Begini Cara Daftar jadi Reseller Shopee 

Ketika melakukan verifikasi, pastikan kondisi lingkungan Anda kondusif (Contoh: Cahaya terang dan koneksi internet stabil).

4. Kode verifikasi sudah kedaluwarsa

Pastikan Anda memasukkan Kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui WhatsApp atau SMS dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

Jika Anda memasukkan Kode verifikasi di luar waktu yang sudah ditentukan, silakan minta kembali Kode verifikasi baru.

Jika Anda gagal menerima Kode verifikasi, cari tahu mengapa Anda mengalami masalah saat menerima Kode OTP melalui WhatsApp atau SMS dan cara mengatasinya.

5. Akun dibatasi

Akun Anda mungkin dibatasi karena:

- Alasan keamanan, seperti aktivitas Log in yang mencurigakan atau dugaan upaya peretasan. Akun akan aman jika Anda tidak memberikan Kode verifikasi ataupun PIN kepada siapa pun.

- Alasan lain, seperti pelanggaran kebijakan Shopee, tidak membayar tagihan SPayLater, dll.

Baca Juga: Risikonya Tak Bisa Daftar Lagi! Begini Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen

Dalam kasus tersebut, Anda dapat meminta untuk mengaktifkan kembali akun Anda atau hubungi Customer Service Shopee melalui Live Chat didalam aplikasi Shopee.

Akun Pengguna yang melanggar kebijakan Shopee, dapat ditangguhkan secara permanen. 

6. Masalah teknis

Kesalahan Log in terkadang dapat terjadi karena masalah teknis.

Pastikan aplikasi Shopee Anda telah diperbarui ke versi terbaru di Play Store atau App Store, pastikan juga koneksi internet yang stabil saat memperbarui aplikasi Shopee.

7. Password salah untuk akun pihak ketiga

Jika sebelumnya Anda mendaftarkan akun Shopee Anda melalui pihak ketiga, lakukan Log in dengan layanan pihak ketiga sesuai pilihan (Misalnya: Lanjutkan dengan Google, Lanjutkan dengan Facebook, Lanjutkan dengan Apple).

8. Gagal scan kode QR

Pastikan Anda melakukan scan kode QR meggunakan perangkat yang sudah berhasil Log in ke akun Anda dan perangkat tersbut digunakan pada saat pertama mendaftar Shopee.  

Baca Juga: Waspada Penipuan Berkedok Spinjam, Begini Cara Pinjam Uang yang Aman di Shopee