Find Us On Social Media :

Saldo Gopay Maia Estianty Raib Sekejap Saat Order GoFood Gegara Diminta Hal Ini, Jangan Sampai Kita Ikut Terjerat!

GridFame.id - Nampaknya kejadian ini bisa jadi pelajaran bagi kita semua.

Beberapa waktu lalu, Maia Estianty mengaku baru saja mengalami penipuan karena akun aplikasi Gojek miliknya diretas.

Maia mengaku bahwa peretasan tersebut dilakukan oleh oknum pengemudi Gojek saat sedang menggunakan fitur GoFood.

Tapi tiba-tiba driver mengatakan bahwa motornya mogok dan ingin melakukan perubahan driver.

Driver tersebut pun meminta Maia untuk memasukkan kode *21* 0821 78912261#.

Setelah itu, Maia mengaku bahwa saldo Gopay miliknya langsung terkuras.

Dilansir dari Kompas.com, saat dikonfirmasi, Senior Manager Corporate Affairs Gojek, Alvita Chen, menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengusutan.

Pelaku yang menipu Maia bukan pengemudi Gojek dan menjelaskan bahwa orang yang melakukan penipuan itu mengambil alih akun seorang driver Gojek.

"Jadi kronologinya penipu ini take over dulu akun driver (karena driver tak sengaja share OTP). Kemudian akun tersebut dipakai untuk menipu Maia," kata Alvita saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (28/12/2019).

Adapun OTP adalah One Time Password atau kode verifkasi.

Namun, ia tidak berkenan memberikan penjelasan lebih lanjut karena kode *21* bukan fitur dari Gojek, tetapi fitur operator selular.

Baca Juga: Simak Promo Belanja Gopay Tengah Bulan, Diskon Minyak 2 Liter Hingga Gratis Indomie

"Nama fiturnya call forwarding atau pengalihan pesan atau telepon," ujar dia.

Ia menjelaskan, dalam kasus ini, pihak driver Gojek juga menjadi korban penipuan.

Lebih lanjut, Alvita mengimbau kepada pengguna dan mitra Gojek agar tidak memberikan kode atau informasi rahasia apa pun kepada pihak yang mengaku dari Gojek.

Lalu, bagaimana jika kita yang terkena penipuan dan saldo Gopay terkuras habis?

Cara Melaporkan Penipuan Pada Gojek

Lewat laman resminya, Gojek meminta segera membuat laporan jika mengalami penipuan melalui halaman Bantuan (pada menu Profil Saya) di aplikasi Gojek.

Kita juga bisa melaporkan penipu melalui platform yang digunakan untuk menipu (contoh: sosial media, aplikasi).

Namun, pelaporan penipuan tidak menjamin adanya pengembalian saldo.

Permintaan pengembalian saldo hanya dipenuhi bila kasus memenuhi syarat dan ketentuan program Jaminan Saldo Kembali.

Untuk saat ini, Gojek tidak memberikan pengembalian saldo untuk laporan kasus penipuan jual beli, penipuan karena iming-iming hadiah, atau jika anda telah membagikan kode OTP/PIN/Login Link ke orang lain.

Bukti yang dibutuhkan untuk pelaporan:

Baca Juga: Ini Akibatnya Kalau Salah Isi Gopay ke Nomor Lain, Simak Baik-baik Ya!

Selalu waspada atas akun palsu yang mengatasnamakan Gojek ataupun GoPay.

Karena akun resmi Gojek atau GoPay sudah terverifikasi dengan tanda centang atau verified

Selain itu, Gojek Indonesia juga tidak pernah meminta untuk mengirimkan kode OTP  / PIN / Login-link.

Jadi, jangan pernah bagikan 2 hal tersebut kepada orang lain ya!

Baca Juga: Kaget Saat Bayar MyPertamina Pakai Gopay, Ternyata Lebih Hemat Loh!