GridFame.id - Banyak kelebihan yang bisa didapat jika upgrade GoPay ke GoPay Plus.
Salah satunya adalah bisa transfer antar Gopay hingga memindahkan saldo GoPay ke rekening bank juga.
Bahkan berbagai promo dan cashback juga bisa didapat kalau upgrade ke GoPay Plus.
Namun ada kasus di mana GoPay tidak bisa di upgrade.
Apabila upgrade GoPay ke GoPay Plus ditolak, maka akan mendapatkan notifikasi dan pesan pada Inbox aplikasi Gojek tentang alasan penolakan upgrade GoPay ke GoPay Plus.
Loh, memang apa alasannya?
Langsung simak di bawah ini yuk!
Alasan Upgrade GoPay Ditolak
1. Foto ID yang diunggah rusak
Kita dapat menggunakan ID lainnya, seperti eKTP/Paspor apabila ID sebelumnya terdapat kerusakan (huruf/kalimat, foto, dan tanda tangan tidak terbaca dengan jelas).
2. Bagian foto wajah dan/atau foto ID buram/blur
Kita bisa mencoba upgrade GoPay ke GoPay Plus kembali dengan memastikan foto yang diunggah (upload), baik selfie maupun foto ID, terlihat jelas dan dapat terbaca
3. Ada bagian foto wajah dan/atau foto ID yang tidak masuk ke dalam bingkai (frame) kamera
Pastikan saat mencoba upgrade GoPay Plus kembali, bagian informasi dari kartu ID tidak tertutup jari atau terpotong di luar bingkai (frame) kamera dan bagian kartu ID tidak menutupi bagian wajah ketika foto selfie.
Baca Juga: Begini Cara Pakai Gopay Diary Untuk Tahu Riwayat Transaksi Setiap Bulan!
4. Dokumen foto yang digunakan tidak sesuai ketentuan
Kita bisa kembali mencoba upgrade GoPay ke GoPay Plus dengan memastikan dokumen foto yang kamu unggah sesuai dengan ketentuan GoPay, seperti:
- ID yang diterima untuk upgrade GoPay ke GoPay Plus adalah dokumen asli dari eKTP/Paspor.
- Foto selfie yang di unggah harus memegang ID dokumen asli yang digunakan saat foto dokumen ID
- Foto wajah pada dokumen ID harus berupa foto eKTP asli, bukan berupa pas foto tempelan
Apabila eKTP hilang atau terdapat kerusakan, mohon untuk memperbaikinya terlebih dahulu.
5. Data eKTP yang digunakan tidak terdaftar/tidak sesuai dengan data Dukcapil
Kemungkinan perbedaan data terjadi apabila data pada eKTP pernah diubah seperti nama, alamat, status perkawinan, foto, dan lain sebagainya.
Adapun alasan lain penolakan upgrade GoPay ke GoPay Plus karena:
- ID pernah digunakan di akun Gojek lain. Perlu diketahui bahwa 1 ID hanya dapat digunakan untuk 1 akun. Cek solusinya di sini
- Terdapat bagian foto wajah dan/atau foto ID yang terkena cahaya lampu/flash
- Terdapat bagian foto wajah dan/atau foto ID yang gelap
- Terdapat perbedaan antara jenis dokumen ID yang dipilih pada aplikasi dengan dokumen ID yang diunggah
- Foto diambil tidak langsung dari kamera handphone
- Terdapat perbedaan di foto wajah dan/atau foto ID
- Penggunaan dokumen ID untuk upgrade GoPay ke GoPay Plus telah melebihi batas
- Dokumen ID yang digunakan untuk upgrade GoPay ke GoPay Plus telah habis masa berlaku
Jika melakukan kesalahan di atas, kita bisa langsung coba lagi untuk upgrade.
Semoga membantu!
Baca Juga: Cara Cepat Top Up Gopay Lewat Livin by Mandiri