GridFame.id - Shopee sebagai aplikasi belanja online terbesar di Indonesia memiliki berbagai COD (Bayar di Tempat) adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli.
Untuk metode pembayaran COD (Bayar di Tempat), tidak ada biaya yang dikenakan ke Penjual dan Untuk pesanan COD (Bayar di Tempat) pertama s/d ke-3 kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0%.
Untuk pesanan COD (Bayar di Tempat) ke-4 dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 4%.
Pengguna yang teridentifikasi sebagai Dropshipper, baik dengan mengaktifkan tombol fitur dropship ataupun yang teridentifikasi pernah melakukan transaksi COD (Bayar di Tempat) ke lebih dari 3 alamat yang berbeda, akan dikenakan biaya penanganan sebesar 10%.
Akan tetapi keberadaan fitur ini kerap menimbulkan masalah bagi sebagian pengguna.
Tak sedikit yang justru salah pencet dan belanja barang pakai sistem COD.
Jika hal ini terjadi, simak cara cepat mengatasinya.
Bagaimana Cara Membatalkan dan Mengembalikan Pesanan COD yang Tidak Dipesan
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, berikut kendala yang mungkin Anda dapatkan pada pesanan dengan pembayaran COD:
1. Tidak merasa memesan
Pastikan Anda tidak membuka terlebih dahulu paket yang diberikan, lalu lakukan pengecekan di bagian Pesanan Saya pada aplikasi Shopee di setiap akun yang Anda miliki, untuk memastikan Anda tidak melakukan pemesanan produk COD.
Lakukan penolakan pembayaran pada kurir jika Anda tidak melakukan pesanan atas produk tersebut.
2. Sudah menerima pesanan dan melakukan pembayaran
Jika terlanjur menerima pesanan dan membayar pesanan yang tidak Anda pesan, silakan menghubungi Customer Service Shopee dengan melampirkan:
- Nomor pesanan.
- Bukti foto resi di pesanan/paket yang Anda terima.
- Foto produk di dalam paket jika Anda sudah membuka paket tersebut.