GridFame.id - Akun GoPay memang dilengkapi dengan fitur PIN yang akan mengunci akun kita.
Jadi hanya yang tahu PIN-nya saja lah yang bisa menggunakan GoPay sebagai alat pembayaran.
Namun tidak jarang PIN ini kita sebar karena percaya-percaya saja dengan beberapa orang.
Akhirnya, akun GoPay dibajak dan saldo pun ludes.
Gimana solusinya?
Pertama, kita bisa melihat history atau riwayat penggunaan GoPay di akun GoJek.
Berikut adalah pertolongan pertama untuk mengamankan akun jika merasa ada yang menggunakan akun tanpa sepengetahuan kita:
- Ubah data seperti nomor handphone, email, nama, dan PIN GoPay jika menerima notifikasi perubahan data yang bukan dilakukan oleh kita sendiri
- Konfirmasi ke keluarga, teman, atau kerabat apabila terdapat transaksi yang tidak dikenal.
- Pelajari lebih lanjut jika transaksinya berasal dari Google Play atau Apple.
Jika menemukan adanya transaksi yang tidak dikenal, segera cek kondisi di bawah ini sebelum lapor:
- Lokasi Merchant tidak dikenali, misalnya berada di kota lain. Lokasi Merchant di aplikasi bisa saja berbeda dengan lokasi yang digunakan saat Merchant mendaftarkan usahanya. Oleh karena itu disarankan untuk melihat nama Merchant dan mengingat jumlah yang pernah dibayarkan.
- Transaksi Google Play yang tidak dikenal
- Transaksi Apple yang tidak dikenal
- GoPay terhubung ke aplikasi lain sebagai metode pembayaran untuk berlangganan dan masa percobaan gratis (free trial) sudah habis
- Cek paket langgana di halaman "Langganan". Mungkin saja pernah tidak sengaja membelinya. Penting untuk diketahui bahwa paket langganan yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (refund).
Jika semua sudah dipastikan bukan kita yang melakukan transaksi, maka bisa langsung melakukan laporan.
Baca Juga: Simak Cara Top Up Brizzi Via GoPay, Bisa Untuk Kartu Tol Lainnya
Pelaporan kehilangan saldo tidak menjamin adanya pengembalian saldo.
Permintaan pengembalian saldo hanya dipenuhi bila kasus memenuhi syarat dan ketentuan program Jaminan Saldo Kembali.