GridFame.id - Para pemilik toko di Tokopedia harus tahu hal ini nih!
Tahukah Anda bahwa calon pembeli hanya membutuhkan waktu 50 detik untuk memilih produk?
Demi memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat, setiap toko memerlukan strategi ampuh untuk membuat toko maupun produk jualannya tidak ‘tenggelam’ di halaman pencarian.
Penting memahami alur transaksi belanja online agar bisa mengoptimalkan setiap tahapan kunci sukses penjualan.
Nah, produk harus bisa ditemukan oleh pembeli terlebih dahulu dan tampil menarik agar pembeli mau memilihnya.
Tapi gimana caranya agar produk bisa menonjol dan tampil teratas di halaman pencarian?
Salah satunya adalah menaikkan rating.
Untuk mengetahui caranya, simak selengkapnya di bawah ini.
Cara Menaikkan Rating di Tokopedia
1. Gunakan nama produk yang tepat
Pastikan nama produk sesuai dengan rumus Tokopedia, yakni jenis produk/kategori produk + merk produk + keterangan tambahan dengan minimal 40 karakter.
Usahakan menggunakan kata kunci yang banyak dicari.
Anda bisa cek kata kunci pada halaman Wawasan Pasar untuk tahu kata kunci apa yang paling banyak dicari oleh calon pembeli.
Baca Juga: Beras Jadi Cuma 50 Ribu, Jangan Lewatkan Kebut Tokopedia yang Dimulai Hari Ini!
Namun, penggunaannya tidak boleh terlalu banyak karena bisa terindikasi spamming oleh Tokopedia atau Google.
Jika menjual produk dengan satu merk khusus, jangan pakai merk kompetitor karena bisa merusak skor SEO toko dan produk, baik di Tokopedia atau Google.
2. Optimalkan foto produk
Untuk bisa membuat pembeli mantap memilih produkmu ke keranjang, kualitas foto produk jadi faktor yang menentukan.
Gunakan foto produk yang jelas, jernih, terang, dan menggunakan background putih polos agar produkmu lebih menonjol dan menarik.
Dengan begini, pembeli akan langsung bisa melihat produk yang Anda jual tanpa terganggu dengan benda lain sebagai latar belakang.
3. Gunakan harga produk bersaing
Harga adalah salah satu hal yang jadi bahan petimbangan pembeli dalam memilih produk.
Secara sederhana, harga mengacu kepada seberapa besar pembeli mau membayar produk yang dijual.
Untuk dapat menentukan harga yang bersaing, Anda dapat menggunakan fitur Rekomendasi Harga yang bisa diakses melalui Desktop dan Android.
Dengan Rekomendasi Harga ini, Anda bisa memperkirakan berapa rata-rata harga produk serupa yang dijual di Tokopedia.
4. Aktifkan fitur Bebas Ongkir
Pembeli akan mendapatkan subsidi Bebas Ongkir hingga Rp20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp40.000 untuk pengiriman antar pulau dengan minimal transaksi Rp50.000 serta mendapatkan subsidi Bebas Ongkir hingga Rp50.000 untuk pengiriman antar pulau dengan minimal transaksi Rp250.000.
Berikut keuntungan mengaktifkan Bebas Ongkir:
Baca Juga: Begini Cara Hapus Etalase di Tokopedia Untuk Seller dengan Mudah
- Bantu tingkatkan penjualan
- Berdasarkan data Tokopedia per April 2020, penjualan di toko dengan Bebas Ongkir meningkat hingga 50% dibandingkan dengan toko yang tidak menggunakan Bebas Ongkir.
- Meningkatkan pengunjung
- Produk berlogo Bebas Ongkir akan tampil di halaman pencarian dengan filter khusus Bebas Ongkir.
- Menjangkau pembeli di luar pulau
- Bebas Ongkir akan memperluas jangkauan penjualanmu hingga ke seluruh Indonesia.
Semoga membantu!
Baca Juga: Bisa Lewat BRI, BNI,BCA Hingga Mandiri, Begini Cara Tarik Saldo Tokopedia ke Rekening Bank