GridFame.id - SPayLater merupakan produk layanan pinjaman yang disediakan Shopee untuk memfasilitasi fitur banja sekarang bayar nanti.
Pengguna bisa memilih SPaylater sebagai salah satu metode pembayaran di Shopee.
SPaylater dijamin keamanannya karena sudah berizin dan diawasi OJK.
Pada halaman Metode Pembayaran, tampilan SPayLater akan mengikuti dua aturan.
Jika harga barang di bawah Rp50.000, maka hanya terdapat pilihan Beli Sekarang dan Bayar Nanti (BNPL) yang akan muncul.
Jika limit umum adalah Rp0, pilihan Beli Sekarang dan Bayar Nanti (BNPL) tidak akan terlihat.
Jika limit umum adalah Rp0 dan limit cicilan di bawah Rp50.000, maka metode pembayaran SPayLater tidak dapat dipilih (berwarna abu-abu).
Apabila Anda sudah memenuhi kriteria namun tidak dapat melakukan pembayaran dengan SPayLater, silakan hubungi Customer Service Shopee.
Lalu bisakah pengguna membatalkan pesanan yang sudah terlanjur dibeli pakai SPaylater?
Ternyata bisa dan akan berdampak pada limit kredit SPaylater akun pengguna.
Simak informasi lengkapnya berikut ini.
Baca Juga: Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Untuk Penjual
Cara Membatalkan Pesanan yang Dibeli Pakai SPaylater
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, berikut ketentuan yang berlaku jika Anda ingin mengajukan pengembalian barang/dana untuk produk yang dibeli dengan menggunakan metode pembayaran SPayLater:
1. Untuk pembelian di toko yang sama, maka pengembalian dana berlaku untuk semua produk pesanan di toko tersebut.
2. Untuk pembelian di lebih dari 1 (satu) toko, maka setiap permintaan pengembalian dana suatu produk akan berlaku untuk seluruh produk lain dari toko yang sama.
Anda dapat mengajukan pengembalian barang/dana dengan cara:
1. Memilih menu Dikirim pada tab Saya
2. Pilih pesanan
3. Pilih Ajukan Pengembalian
4. Pilih Status Pengajuan
5. Pilih semua produk yang diajukan pengembalian
Baca Juga: Sering Belanja Pakai SPayLater? Begini Cara Cek Riwayat Transaksi Shopee Paylater Selama Satu Bulan
6. Pilih Selanjutnya lalu pilih Alasan (pilih alasan yang sesuai)
7. Pilih Konfirmasi dan upload foto bukti pendukung
8. Berikan informasi pada kolom Keterangan (jika ada) kemudian pilih Kirim.
Pengembalian dana untuk pesanan yang berhasil dibatalkan akan segera diproses sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan.
Jika pembeli mengajukan pengembalian dana, maka dana akan dikembalikan dalam bentuk limit kredit. Bukan dalam bentuk uang tunai sehingga besaran limit Paylater akan balik seperti semula sebelum membeli barang.
Waktu proses pengembalian dana berbeda-beda untuk setiap metode pembayaran.
Anda akan menerima notifikasi melalui aplikasi Shopee dan email setelah pengembalian Anda diproses.
Untuk melihat status pengembalian, pilih Status Pesanan melalui tab Notifikasi di aplikasi Shopee.