Find Us On Social Media :

Bayi Telat Daftar BPJS Kesehatan Bisa Tak Dapat Jaminan Kesehatan? Simak Infonya di Sini!

GridFame.idBayi baru lahir diwajibkan untuk didaftarkan di BPJS Kesehatan.

Hal tersebut sesuai dengan aturan yang tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Pada beleid itu disebutkan, bayi baru lahir dari peserta Jaminan Kesehatan wajib didaftarkan BPJS Kesehatan paling lambat 28 hari sejak dilahirkan.

Bila terlambat mendaftar, atau lebih dari 28 hari, berakibat tidak mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan.

Selain itu juga dikenai sanksi denda pelayanan dan berkewajiban membayar iuran sejak bayi dilahirkan.

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf menjelaskan, besaran denda pelayanan adalah sebesar 5 persen dari diagnosa awal INA-CBG’s, jika peserta tersebut menjalani rawat inap di Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dalam waktu sampai dengan 45 hari sejak status kepesertaan diaktifkan.

"Dulu 2,5 persen, sekarang 5 persen, sesuai Perpres," ujar Iqbal kepada Kompas.com.

Selain denda pelayanan, terlambat mendaftarkan bayi baru lahir ke BPJS Kesehatan juga diwajibkan untuk membayar iuran sejak bayi itu lahir.

Misalnya, bila bayi tersebut terlahir Desember 2020, namun baru didaftarkan BPJS Kesehatan pada Desember 2021, maka kewajiban iuran yang harus dipenuhi adalah sejak Desember 2020.

Untuk syarat pendaftaran kepesertaan bayi baru lahir ke BPJS Kesehatan dibedakan berdasarkan jenis kepesertaan bayi tersebut.

Untuk peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), maka dapat langsung didaftarkan oleh keluarga peserta dengan status kepesertaan langsung aktif.

Baca Juga: Tak Ada Biaya Tambahan, Begini Cara Bayar Transaksi di App Store Pakai Saldo DANA