GridFame.id - Pengguna Shopee banyak yang tak sadar.
Ada beberapa kebiasaan yang ternyata membawa dampak buruk.
Seperti diketahui, belanja di Shopee memberikan banyak kemudahan untuk pengguna.
Ada jutaan produk dengan harga murah yang tersedia di Shopee.
Baik itu lokal maupun import lengkap dengan berbagai model dan bentuk.
Shopee juga memberikan jaminan keamanan produk pesanan penggunanya.
Jika produk yang diterima dalam kondisi cacat, rusak atau tidak sesuai, maka pengguna bisa mengajukan pengembalian.
Tentunya hal itu membuat pengguna lega dan tidak merasa dirugikan.
Selain digunakan sebagai aplikasi belanja online, Shopee juga menyediakan layanan pembayaran apapun.
Mulai dari BPJS, asuransi, biaya pendidikan, token listrik, PDAM, hingga pembelian tiket transportasi umum.
Lalu apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba akun Shopee dibatasi dan tak bisa digunakan?
Baca Juga: Pengalaman Telat Bayar Shopee Paylater, Bukan Teror Debitur Malah Nomor Orang Tuanya
Penyebab Akun Shopee Dibatasi
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, akun Anda mungkin dibatasi jika telah terdeteksi terlibat dalam aktivitas mencurigakan yang melanggar Syarat & Ketentuan Shopee.
Termasuk pembuatan pesanan palsu, penyalahgunaan voucher atau promo, penipuan, dan banyak lagi.
Jika akun telah dibatasi, Anda akan melihat pesan pop up saat login atau checkout yang memberikan Anda informasi tentang hal ini.
Anda dapat mengajukan naik banding untuk memulihkan kembali akun Anda dengan mengirimkan formulir permintaan aktivasi akun.
Anda mungkin diminta untuk memberikan dokumen-dokumen ini, tergantung pada kasus Anda:
1. Foto identitas yang sah (Contoh: KTP, paspor atau kartu pelajar)
2. Bukti pembelian produk (Contoh: No. resi dari Penjual, foto produk yang dibeli, ID pesanan, dan screenshot riwayat chat)
Akun dibatasi dapat ditangguhkan secara permanen jika:
1. Pengajuan naik banding tidak dilakukan dalam waktu 30 hari sejak tanggal pesan pop up dilihat oleh Anda.
2. Pengajuan naik banding ditolak.