Find Us On Social Media :

Waduh Bikin Panik! Barang Belum sampai Alamat Tujuan tapi Status di Aplikasi jadi Pesanan Telah Diterima, Begini Cara Mengatasinya

Akun shopee

GridFame.id - Belanja di Shopee memang tidak perlu diragukan lagi.

Shopee menjamin keaslian semua produk yang dijual.

Bahkan memberikan fitur Shopee Garansi 100% Ori untuk jenis produk tertentu.

Bukan itu saja, setiap pengiriman disertai dengan kemampuan melacak pesanan.

Sehingga pembeli bisa selalu memantau sampai di mana barang pesanannya.

Bukan itu saja, Shopee juga memberikan estimasi waktu hingga barang pesanan sampai ke alamat tujuan.

Tentu saja hal ini membuat pembeli merasa produknya aman.

Akan tetapi beberapa pengguna mungkin saja mengalami kendala dalam pengiriman pesanan.

Salah satunya barang terlambat datang melebihi waktu estimasi bahkan status di aplikasi yang berubah.

Lalu bagaimana jika barang belum diterima tapi status di aplikasi berubah jadi pesanan telah diterima?

Tenang, ini kemungkinan penyebabnya sekaligus cara mengatasinya agar pembeli tak rugi.

Baca Juga: Dijamin Cuan! Begini Cara Supaya Banyak yang Klik Link Shopee Affiliate Tanpa Langgar Ketentuan

Barang Belum Sampai Tapi Status Pesanan Telah Diterima di Aplikasi

Dilansir dari laman resmi Shopee, Jika Anda belum menerima pesanan dan status pesanan di aplikasi telah diterima, silakan lakukan hal berikut:

1. Cek Bukti Pengiriman pada aplikasi

Untuk melakukan pengecekan terhadap Bukti Pengiriman atau electronic Proof of Delivery (ePOD) di dalam aplikasi Shopee.

Bukti Pengiriman atau electronic Proof of Delivery (ePOD) juga akan otomatis muncul saat Anda mengajukan pengembalian di halaman Ajukan Pengembalian Barang/Dana.

Kemudian pilih Alasan dan pilih Semua pesanan tidak sampai lalu pilih Konfirmasi. Anda bisa melihat kembali bukti pengiriman atau ePOD dengan memilih Lihat bukti pengiriman pada halaman Ajukan Pengembalian Barang/Dana.

2. Konfirmasi kepada anggota keluarga atau tetangga

Keluarga atau tetangga Anda mungkin telah menerima paket atas nama Anda.

Periksa juga area di mana paket mungkin ditinggalkan oleh kurir, seperti kotak surat atau rak sepatu, sebelum mengajukan permintaan pengembalian dana.

Baca Juga: Gagal Kredit Barang Pakai SPayLater? Tenang, Begini Cara Menghubungi Customer Service Shopee Paylater Untuk Minta Bantuan

3. Hubungi Penjual atau jasa kirim

Anda dapat menghubungi jasa kirim untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai keberadaan paket Anda.

Jika paket Anda dikirim oleh layanan pengiriman milik Penjual, hubungi Penjual melalui fitur Chat di aplikasi Shopee.

4. Ajukan permintaan pengembalian dana

Anda dapat mengajukan pengembalian dana untuk pesanan yang tidak Anda terima dalam 2 (dua) kondisi berikut:

- Pesanan masih dalam masa Garansi Shopee. Anda dapat memperpanjang Garansi Shopee sebanyak 1 (satu) kali selama 3 (tiga) hari dengan memilih Perpanjang Masa Garansi pada halaman Rincian Pesanan.

- Anda belum mengkonfirmasi penerimaan pesanan (tidak memilih Pesanan Diterima pada halaman Rincian Pesanan).

Anda tidak harus menyerahkan bukti jika memilih alasan semua paket tidak sampai, karena secara otomatis akan ditetapkan sebagai Pengembalian Dana saja.

Shopee akan menyelidiki lebih lanjut dan menghubungi Anda kembali untuk langkah selanjutnya. Bukti Pengiriman atau electronic Proof of Delivery (ePOD) akan otomatis muncul untuk alasan pengembalian Semua pesanan tidak sampai saja.

Baca Juga: Sudah Terlanjur Checkout Baru Sadar? Tenang, Begini Cara Mengubah Alamat Pengiriman Pesanan Shopee