Find Us On Social Media :

Waspada! Warganet Ini Niatnya Donasi Tapi Malah Kena Transfer Pinjol Ilegal, Ternyata Gegara Sembarangan Beri Nomor Ini!

GridFame.id - Kini memang tengah marak modus pinjol ilegal dalam menjerat korban dengan cara mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening korbannya.

Lalu kemudian pinjol itu akan menghubungi dan memaksa untuk kita membayar tagihan plus bunga yang sangat tinggi.

Yang jadi pertanyaan, darimana mereka mengetahui nomor rekening kita?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mentargetkan nomor rekening yang terpampang nyata di media sosial.

Padahal niat awal membagikan nomor rekening adalah untuk donasi.

Kejadian ini salah satunya menimpa warganet Twitter dengan akun @.indiratendi yang mengungkapkan pengalamannya beberapa waktu lalu.

“Halo @BNI saya tiba-tiba ditransfer uang Rp 1.511.000 dari Syaftraco. Setelah googling ternyata ini pinjaman online padahal saya ga pernah apply pinjaman apa-apa. Gimana ya? Apa uangnya bisa dikembalikan?" tulis @indiratendi.

Dalam pengakuannya, @.indiratendi menceritakan bahwa ia tidak mengajukan pinjaman uang ke fintech lending atau pinjaman online (pinjol) mana pun.

Namun, dia sempat membagikan rekening bank pribadinya di media sosial, untuk keperluan penggalangan dana bagi kegiatan yang ia selenggarakan.

“Serem banget padahal ga minjem sama sekali. Takut nanti tiba-tiba ditagih sama bunganya. Tadi sempet share no rekening untuk donasi Buku Anak Indonesia sih. Tapi tega banget * kalo ada pinjol yg mau berbuat jahat ke kami,” lanjutnya.

Masalah seperti ini bukan hanya menimpa dirinya, bahkan beberapa korban lainnya juga alami kejadian serupa namun dengan kondisi tak pernah membagikan rekeningnya ke pihak yang tak dikenal.

Baca Juga: HP Anda Sering Muncul Iklan Begini? Hati-hati Bisa Jadi Sudah di Hack Oleh Pihak Pinjol