GridFame.id - Apakah Anda suka susah dapat driver Gojek saat memesan jasa antar atau makanan?
Wah, kalau begitu kemungkinan besar rating Anda di mata driver Gojek jelek tuh!
Ya, kita sebagai customer juga punya rating dan yang menilai adalah driver Gojek yang telah menerima orderan kita.
Jadi, bukan cuma kita saja yang bisa memberi rating untuk driver.
Memangnya kenapa kalau rating kita tinggi?
Ada beberapa kelebihan kalau kita memiliki citra yang baik di mata driver, diantaranya:
- Akun dari customer maupun driver sangat dipercaya.
- Sangat berpengaruh sekali terhadap setiap customer dimana potensi mendapatkan orderan lebih cepat bila dibandingkan rating buruk.
- Mendapatkan prioritas dari pihak Gojek.
Sedangkan kalau rating kita buruk, kekurangannya adalah:
- Akun tidak dipercaya, terutama bagi customer ketika order GoFood dengan jumlah besar pasti akan di tolak.
- Kerugian yang pertama pastinya banyak driver yang menolak orderan dari kalian dengan alasan ini dan itu.
- Sering mendapatkan peringatan dari pihak Gojek.
- Susah untuk mendapatkan driver ketika pengguna order di tempat keramaian.
- Kemungkinan buruk jika rating tetap menurun akun bisa kena banned, apalagi jika sering salah menggunakan.
Cara Melihat Rating Customer Gojek
Untuk aplikasi customer, kita hanya bisa melihat rating untuk driver.
Lalu, gimana caranya kita tahu berapa rating kita?
Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk tahu bagaimana rating kita, yaitu:
1. Lewat Driver Gojek
Jadi cara pertama bisa kalian lakukan dengan menanyakan langsung ke driver Gojek, untuk bertanya ke rekan driver terlebih dahulu lakukan order di salah satu layanan yang sudah tersedia.
Dengan melakukan order terlebih dahulu, maka pihak dari driver bisa mengetahui akun kita memiliki rating berapa.
Perlu diketahui juga, pihak driver hanya bisa melihat ketika orderan masih berjalan, apabila orderan sudah selesai maka tidak bisa melihatnya.
Maka dari itu, sangat disarankan untuk menanyakan ketika orderan belum selesai.
Semisal saat order GoBike, maka pada saat perjalanan kita bisa menanyakannya.
2. Lewat Call Center Gojek
Cara kedua adalah lewat layanan call center.
Silahkan hubungi lewat panggilan telepon ataupun email CS Gojek.
Semisalnya saja memilih opsi panggilan telepon maka persiapkan pulsa lebih dari cukup agar tidak putus di tengah tengah pembicaraan.
Sebab, pada layanan tersebut akan dikenakan tarif normal sesuai ketentuan pihak provider digunakan.
Setelah terhubung, langsung saja informasikan ingin mengetahui rating milik sendiri dan informasikan saja apa yang diminta oleh pihak CS.
Tunggu beberapa saat nantinya pihak CS akan informasikan secara jelas dan detail.
Cara Menaikkan Rating Customer Gojek
Lalu, gimana kalau ternyata rating kita buruk?
Satu-satunya cara adalah menaikkan rating.
Kita bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:
- Pertama bisa dilakukan bagi setiap customer, silahkan sering order layanan telah tersedia di aplikasi Gojek.
- Kedua memberikan respon ramah kepada driver atau sering membuka percakapan sehingga driver akan merasa nyaman.
- Setiap kali order layanan Gojek, sebaiknya meminta rekan driver untuk memberikan rating baik ke akun kita.
- Selain beberapa poin diatas, ada faktor lain yang bisa menyebabkan rating dapat menaikkan tanpa kita sadari.
Jadi, selalu ingat untuk bersikap sopan kepada driver.
Jika memesan jasa, usahakan jangan membuat driver terlalu lama menunggu.
Beri instruksi yang jelas jika sekiranya alamat susah untuk ditemukan atau pesanan membutuhkan catatan khusus.
Baca Juga: Akun Gopay Mendadak Terkunci? Ini 2 Cara Mengatasiny dengan Cepat