Find Us On Social Media :

Wanita Ini Dipermalukan DC Habis-habisan Gegara Sang Pacar, Ini 4 Penyebab Seseorang Harus Menolak KTP Dipakai Orang Lain Untuk Mengajukan Pinjol

Ancaman debt collector pinjol hoax

GridFame.id - KTP dipakai orang lain untuk mengajukan pinjol? Jangan kasih izin!

Risiko beratnya harus Anda tanggung di kemudian hari.

Dikutip dari hukumonline.com, menggunakan KTP orang lain untuk mengajukan pinjol merupakan tindakan yang sangat tidak dianjurkan dan bahkan dilarang oleh hukum.

Hal ini merupakan pelanggaran terhadap Pasal 266 KUHP yang berbunyi, “Barang siapa memakai surat yang telah dipalsukan dengan maksud agar orang lain mengiranya asli, atau barang siapa memakai surat palsu dengan maksud demikian, diancam karena pemalsuan dengan pidana penjara paling lama enam tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”

Sanksi yang diberikan oleh hukum pidana bagi pelaku penggunaan KTP orang lain untuk mengajukan pinjol ilegal bisa berupa pidana penjara atau denda.

Jika seseorang terbukti menggunakan KTP orang lain untuk mengajukan pinjol ilegal, maka dapat diancam dengan pidana penjara paling lama 6 tahun atau denda paling banyak 4.500.000 rupiah.

Selain itu, penggunaan KTP orang lain untuk mengajukan pinjol ilegal juga dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang lebih luas.

Misalnya, jika pinjaman tersebut tidak dapat dibayar oleh peminjam, maka pemilik KTP yang digunakan akan terkena dampaknya dan dapat dianggap sebagai salah satu pelaku kejahatan dalam transaksi tersebut.

Dalam hal ini, penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa penggunaan KTP orang lain untuk mengajukan pinjol merupakan tindakan yang sangat tidak dianjurkan dan dapat menimbulkan konsekuensi hukum yang serius.

Apa saja risiko meminjamkan KTP atau data pribadi ke orang lain untuk pengajuan pinjol?

Ini risiko berat yang harus Anda hadapi nantinya.

Baca Juga: Bisa Jadi Kendala Pengajuan KPR, Ini 7 Aplikasi Pinjol yang Bisa Bikin Skor BI Checking Anjlok Jika Galbay