Find Us On Social Media :

Ngeri! Berani Datangi Rumah ke Rumah Gegara Tak Diawasi OJK, Ini Cara Terampuh Menolak Tawaran Debt Collector Pinjol Ilegal

Cara menolak tawaran debt collector yang datangi rumah

GridFame.id - Pinjol ilegal biasanya tidak memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan dapat beroperasi secara ilegal di berbagai wilayah baik di kota besar maupun di daerah pedesaan.

Beberapa tindakan pemerintah telah dilakukan untuk menangani masalah pinjol ilegal.

Termasuk pembatasan akses ke situs web pinjol ilegal dan tindakan hukum terhadap perusahaan pinjol ilegal.

Namun, sebagai konsumen, Anda juga dapat memainkan peran penting dalam mencegah penyebaran pinjol ilegal dengan tidak menggunakan layanan pinjol ilegal dan melaporkan kegiatan pinjol ilegal kepada otoritas yang berwenang.

Parahnya debt collector pinjol ilegal juga berani menawarkan pinjaman dari satu rumah ke rumah lain.

Cara debt collector menawarkan pinjaman online (pinjol) dari rumah ke rumah, karena tindakan tersebut melanggar hukum dan etika bisnis yang sehat.

Menurut OJK, praktik seperti ini termasuk dalam praktik yang tidak etis dan melanggar peraturan perundang-undangan.

Debt collector yang sah hanya diperbolehkan untuk menagih hutang dengan menghubungi nasabah melalui telepon, email, atau surat, serta mengunjungi alamat yang tercantum dalam kontrak pinjaman.

Namun, debt collector tidak diperbolehkan mengancam, menakut-nakuti, atau melakukan tindakan yang merugikan nasabah.

Jika Anda mendapatkan tawaran pinjaman dari debt collector yang datang ke rumah Anda, sebaiknya Anda untuk tidak menerima tawaran tersebut dan segera melaporkan kejadian tersebut ke OJK atau lembaga terkait lainnya.

Simak juga cara terampuh untuk menolak tawaran dan iming-iming debt collector pinjol ilegal.

Baca Juga: Banyak yang Sudah Jadi Korban! Jangan Pernah Tergiur Iklan Jasa Pelunasan Pinjol di Instagram Jika Ciri-Cirinya Seperti Ini