Find Us On Social Media :

Jangan Gampang Tergiur Harga Murah! Kenali Ini 5 Modus Penipuan Jual Beli Barang di Facebook dan Cara Menghindarinya

Modus penipuan jual beli di facebook

GridFame.id - Penipuan melalui media sosial merupakan masalah yang serius yang banyak terjadi di era digital saat ini.

Ada banyak bentuk penipuan yang dilakukan melalui media sosial, dan penting bagi pengguna media sosial untuk tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Salah satunya adalah penipuan phishing melibatkan pengiriman pesan palsu yang mencoba untuk mendapatkan informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi akun lainnya.

Pesan phishing ini sering kali mengaku berasal dari perusahaan atau layanan terkenal, dan sering kali mengarahkan pengguna ke situs web palsu yang tampak asli.

Penting untuk tidak memberikan informasi pribadi atau masuk ke akun melalui tautan yang diterima melalui pesan media sosial.

Kemudian Skema Ponzi melibatkan janji pengembalian investasi yang tinggi kepada peserta yang ada, menggunakan uang dari peserta baru yang bergabung.

Media sosial juga sering digunakan oleh penipu untuk menjual barang palsu atau tiruan, mereka dapat mempromosikan produk yang tampak asli dengan harga yang menarik.

Padahal sebenarnya mereka mengirimkan barang palsu atau bahkan tidak mengirimkan apa pun setelah menerima pembayaran.

Selalu lakukan riset dan berhati-hati saat melakukan transaksi melalui media sosial.

Hal ini banyak terjadi di forum jual beli barang di Facebook.

Simak begini modus dan cara menghindarinya.

Baca Juga: Pelaku Berani Pakai ID Karyawan Palsu! Terbongkar Begini Modus Penipuan Lelang Pegadaian yang Sering Obral Barang Harga Murah