Find Us On Social Media :

Tiba-tiba Dikirim Link Mencurigakan? Hati-hati, Ini Ciri-ciri Link Phising yang Bisa Bobol Rekening dan Data Pribadi

Kenali ciri-ciri link penipuan yang biasa digunakan untuk pishing.

GridFame.id - Hati-hati jika mendadak dapat kiriman link mencurigakan.

Sembarangan klik link yang dikirim orang tak dikenal bisa membawa malapetaka.

Pasalnya ini merupakan salah satu modus penipuan phising.

Phishing adalah bentuk penipuan online yang dilakukan oleh pihak yang tidak sah atau penipu untuk mencuri informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor rekening bank, atau data keuangan lainnya.

Metode umum yang digunakan dalam phising adalah dengan menciptakan situs web, email, atau pesan teks palsu yang meniru lembaga atau organisasi yang sah dan terpercaya, seperti bank, perusahaan e-commerce, atau layanan online populer.

Penipu biasanya berusaha untuk meyakinkan korban bahwa mereka berinteraksi dengan entitas resmi dan meyakinkan mereka untuk memasukkan informasi pribadi atau keuangan melalui tautan atau formulir yang tampak asli.

Mereka menggunakan teknik manipulasi psikologis, seperti menciptakan urgensi atau ancaman, untuk memaksa korban agar segera mengambil tindakan.

Contoh phising umum termasuk email yang mengklaim bahwa akun bank Anda telah diretas dan Anda perlu memperbarui kata sandi melalui tautan yang diberikan, atau situs web palsu yang meniru tampilan dan desain situs e-commerce terkenal dan meminta Anda untuk memasukkan rincian kartu kredit saat melakukan pembelian.

Tujuan utama phising adalah untuk mencuri informasi sensitif yang dapat digunakan untuk kegiatan penipuan lebih lanjut, seperti pencurian identitas, penipuan finansial, atau akses ilegal ke akun dan sistem yang dilindungi kata sandi.

Untuk melindungi diri dari phising, penting untuk selalu waspada terhadap pesan atau situs web yang mencurigakan.

Kenali juga ciri-ciri link phising yang biasa dikirim orang tak dikenal agar tak tertipu.

Baca Juga: Amit-amit Jangan Sampai Saldo Rekening Ludes Dibobol! Kenali 5 Modus Penipuan Phising yang Meresahkan