Find Us On Social Media :

Ini Dia Daftar PNS yang Duluan Terima Gaji Ke-13 Besok 5 Juni, Segini Jumlahnya

GridFame.id - PNS full senyum!

Jadwal pencairan gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) akhirnya sudah dipastikan.

Direktur Pelaksana Anggaran Direktorat Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Tri Budhianto mengatakan, instansi pemerintah sudah bisa mengajukan Surat Perintah bayar (SPM) pada Senin (5/6/2023).

"SPM sudah bisa diajukan mulai tanggal 5 Juni," ujarnya, Senin (29/5/2023).

Senada, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik (DAKIP) Kemenpan-RB Mohammad Averrouce juga menyebutkan pencairan gaji ke-13 akan dilakukan pada 5 Juni.

"Iya, sudah diatur detail di PMK Pasal 12," kata Averrouce, dilansir dari Kompas.com, Kamis (1/6/2023). Gaji ke-13 adalah gaji tambahan yang diberikan kepada ASN yang terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS), anggota TNI, polisi, dan pensiunan.

Lalu, PNS mana saja yang akan dapat gaji ke-13 duluan?

Dalam Pasal 2 Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 29 Tahun 2023 disebutkan bahwa penerima gaji ke-13 adalah ASN dan pensiunan.

ASN dalam hal ini terdiri dari PNS dan calon PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, dan pejabat negara.

Sementara pejabat negara adalah wakil menteri, staf khusus di lingkungan kementerian atau lemgaba, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, hakim ad hoc, pemimpin dan anggota lembaga nonstruktural, pimpinan badan layanan umum, dan pimpinan lembaga penyiaran publik.

Kemudian pejabat yang hak keuangan atau hak administrasinya disetarakan (atau setingkat dengan menteri, wakil menteri, pejabat pimpinan tinggi, administrator, atau pengawas), dan pegawai non-PNS yang bertugas pada instansi pemerintah.

Baca Juga: Bukan KUR, ASN dan PNS Ternyata Bisa Ajukan Pinjaman Bank Tanpa Jaminan Lewat Kredit Multiguna, Ini Syarat Pengajuannya