Find Us On Social Media :

Sepele tapi Efeknya Bikin Nangis! Kominfo Beri Peringatan Keras, Lakukan Ini Agar Terhindar dari Pencurian Data Gegara Fitur Add Yours Instagram

Ilustrasi fitur Instagram.

GridFame.id - Para pengguna aplikasi sosial media Instagram harus lebih berhati-hati!

Belakangan tengah marak kasus pencurian dan penyalahgunaan data pribadi.

Semua bersumber dari tindak kejahatan melalui sosial media, termasu Instagram.

Seperti diketahui, Instagram merupakan salah satu akun media sosial terpopuler di Indonesia yang memiliki banyak fitur menarik di dalamnya.

Salah satu fitur yang banyak dipakai para pengguna adalah Add Yours.

Fitur stiker "Add Yours" di platform Instagram tengah menjadi sorotan karena dinilai dapat disalahgunakan sebagai celah kejahatan pencurian data pribadi.

Lewat akun instagramnya, Kementerian Kominfo meminta masyarakat berhati-hati terhadap tren penipuan yang tengah marak di Instagram atau dikenal dengan nama social engineering. Modus social engineering memanipulasi individu ataupun kelompok agar mau melakukan sesuatu atau menyerahkan informasi secara sukarela.

Tidak hanya di media sosial, modus serupa bisa dijalankan di layanan komunikasi manapun, di antaranya melalui telepon. Biasanya mereka meminta data pribadi atau mengirimkan link tautan ke aplikasi pesan ataupun e-mail untuk kemudian setelah diakses oleh pemilik data pribadi data tersebut disalahgunakan.

Untuk terhindar dari modus pencurian data yang satu ini, simak tips jitu mengatasinya.

Baca Juga: Wah Menyambungkan Akun Sosial Media Ternyata Bawa Malapetaka! Hati-hati Modus Pencurian Data, Ini Tips Terhindar dari Data Breach 

Tips Terhindar dari Pencurian Data Lewat Fitur Instagram

Dilansir dari laman resmi indonesiabaik.id, tindakan pencegahan kebocoran data pribadi bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Contohnya, dengan tidak menyerahkan data pribadi secara sembarangan kepada siapapun, termasuk di media sosial.