Find Us On Social Media :

Jangan Mau Disuruh Tekan Angka '1' di HP! Kenali Ini Dia Modus Penipuan Mesin Call Center yang Kuras Saldo dan Curi Data

Modus penipuan mesin call center

GridFame.id - Beberapa waktu terakhir jagat maya dihebohkan dengan pengaduan tentang modus penipuan baru.

Ya, belakangan memang ada banyak trik penipuan online yang meresahkan.

Tujuan dari penipuan ini juga bermacam-macam mulai dari pembobolan saldo hingga pencurian data.

Data yang dicuri tentunya dapat disalahgunakan dan berakhir dengan kerugian yang harus dialami korban.

Salah satu modus penipuan terbaru yaitu lewat telepon.

Biasanya pelaku akan mengaku sebagai call center atau customer service.

Pelakunya sama-sama menggunakan mesin operator call center abal-abal.

Namun modus penipuannya macam-macam.

Mereka mencatut nama sebuah bank, perusahaan provider Telko, bahkan perusahaan penyedia listrik.

Agar tak tertipu, kenali ciri-ciri modus penipuan yang satu ini.

Apa ciri-cirinya?

Baca Juga: Uang Jutaan Rupiah Ditilep Maling di Grup Jual Beli Online? Tenang, Begini Cara Melaporkan Modus Penipuan Rekber

Modus Penipuan Mesin Call Center

Dilansir dari laman resmi bca.co.id, berikut ini ciri-ciri yang perlu diwaspadai.

1. Rekening bank yang di-hack

Jika berkedok mesin operator call center sebuah bank, biasanya menggunakan modus bahwa nomor rekening milik korban sudah diretas.

Selanjutnya, operator abal-abal ini akan menawarkan pemblokiran rekening untuk mengamankan.

Untuk bantuan pemblokiran rekening, mesin call center akan mengarahkan korban untuk “tekan angka 1 untuk berbicara pada customer service”.

Mesin call center ini pun mengancam jika tidak menekan angka 1, semua rekening korban akan terkuras saldonya.

Saat korban terhubung dengan ‘customer service’ gadungan, mereka pun akan meminta data pribadi korban dengan cara-cara seperti dijelaskan di atas.

2. Pembayaran provider telko yang menunggak

Jika berkedok mesin operator call center dari perusahaan provider Telko.

Biasanya mesin call center tersebut menginformasikan bahwa ada tunggakan pembayaran tagihan, dan pelanggan harus segera melakukan verifikasi data.

Ancamannya, jika tidak verifikasi data, nomor dan layanan telekomunikasi korban akan diblokir.

Baca Juga: Ramai di Media Sosial Modus Penipuan Dari TikTok Shop, Diminta Klaim Voucher yang Ternyata Phising 

3. Tagihan listrik yang belum terbayar

Penipuan juga bisa berkedok mesin operator call center dari perusahaan penyedia listrik.

Mesin call center akan menginformasikan bahwa ada tunggakan pembayaran listrik lebih dari satu bulan.

Nilai tagihannya pun kadang sangat fantastis untuk membuat korban semakin panik.

Ancamannya, jika tidak verifikasi data, listriknya akan dicabut.

Apabila mendapatkan telepon aneh dari suara mesin call center, segera abaikan dan matikan.

Jangan lupa cek saldo rekening secara berkala dan melapor ke pihak berwajib apabila menjadi korban.

Baca Juga: Korbannya Sudah Banyak! Ini Sederet Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Pegadaian, Tabungan Emas Bisa Ludes Kalau Gak Hati-Hati