Find Us On Social Media :

Takut Ditagih Gegara Terlanjur Utang Pinjol? Tenang, Lakukan 7 Cara Ini Dijamin Debt Collector Tak Akan Datang ke Rumah

Panggilan atau pesan dari pinjol

GridFame.id - Sudah terlanjur utang pinjol tapi takut ditagih debt collector.

Secara umum, ada alur penagihan utang pinjol pada para peminjam.

Jika Anda mengalami keterlambatan dalam pembayaran cicilan pinjaman online, penyedia pinjaman akan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS, email, atau telepon untuk mengingatkan Anda tentang pembayaran yang tertunda.

Jika Anda terus mengabaikan pemberitahuan atau tidak membayar pinjaman setelah pemberitahuan keterlambatan, penyedia pinjaman akan menghubungi Anda secara langsung melalui telepon.

Mereka akan mencoba mencari tahu alasan di balik keterlambatan dan memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjelaskan situasi keuangan Anda.

Jika upaya komunikasi langsung dengan Anda tidak berhasil atau jika Anda tidak merespons, penyedia pinjaman dapat menghubungkan Anda dengan tim internal penagihan mereka.

Internal debt collector ini akan berusaha mengatur pembayaran yang tertunda atau mencari solusi penyelesaian utang.

Namun apabila Anda masih tidak merespons atau tidak melakukan pembayaran setelah interaksi dengan internal debt collector, penyedia pinjaman dapat memindahkan utang Anda ke pihak ketiga yang disebut debt collector eksternal.

Debt collector ini adalah perusahaan yang secara independen bekerja untuk mendapatkan pembayaran utang atas nama penyedia pinjaman.

Termasuk mendatangi rumah, sekolah hingga kantor debitue yang galbay.

Jika tak ingin hal itu terjadi, lakukan 7 hal ini setelah mengajukan utang pinjol.

Baca Juga: Padahal Dilarang Beli Hewan Kurban Pakai Duit Utang! Ternyata Ini Penyebab Pengajuan Pinjol Meningkat Drastis Jelang Idul Adha