GridFame.id - Kontak darurat dalam konteks layanan pinjaman online (pinjol) adalah informasi kontak orang terdekat atau keluarga yang biasanya diminta saat Anda mengajukan aplikasi pinjaman.
Tujuan dari menyertakan kontak darurat adalah untuk memberikan cara bagi pemberi pinjaman atau debt collector untuk menghubungi seseorang yang dapat dihubungi jika Anda tidak dapat dihubungi atau gagal membayar pinjaman sesuai dengan kesepakatan.
Kontak darurat dapat digunakan oleh pemberi pinjaman untuk memverifikasi identitas Anda.
Dalam beberapa kasus, pemberi pinjaman akan menghubungi kontak darurat untuk memastikan bahwa informasi yang Anda berikan saat mengajukan pinjaman adalah benar.
Jika Anda gagal membayar cicilan pinjaman sesuai jadwal atau menghadapi masalah yang menghalangi Anda untuk berkomunikasi, pemberi pinjaman dapat menghubungi kontak darurat untuk mencari informasi terkait keberadaan Anda atau situasi Anda.
Pemberi pinjaman atau debt collector dapat menggunakan kontak darurat untuk mengingatkan Anda tentang pembayaran yang belum diselesaikan atau jatuh tempo.
Jika Anda mengalami tunggakan pembayaran, pemberi pinjaman atau debt collector dapat menghubungi kontak darurat sebagai upaya untuk menagih pinjaman yang belum dibayar.
Jika pemberi pinjaman atau debt collector tidak dapat mencapai Anda melalui kontak utama yang Anda berikan, mereka dapat mencoba menghubungi kontak darurat sebagai alternatif untuk mencapai Anda.
Meskipun kontak darurat dapat memberikan keuntungan bagi pemberi pinjaman atau debt collector dalam situasi-situasi di atas, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan keinginan pihak lain untuk menghubungi orang terdekat mereka terkait masalah finansial pribadi.
Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin kontak darurat dihubungi oleh pemberi pinjaman atau debt collector, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang disarankan sebelumnya untuk meminta agar mereka tidak menggunakan kontak darurat sebagai sarana komunikasi.
Ikuti 7 tips ini agar kontak darurat tetap aman dan terhindar dari teror debt collector.
Baca Juga: Bolak-balik Diteror Pinjol Gegara Dijadikan Kontak Darurat, Begini Cara Menghentikan Telepon DC
Tips Meminta DC Pinjol Tak Menghubungi Kontak Darurat
Meminta debt collector dari layanan pinjaman online (pinjol) untuk tidak menghubungi kontak darurat dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:
1. Konfirmasi informasi kontak darurat yang telah diberikan
Pastikan Anda memiliki catatan tentang kontak darurat yang pernah Anda berikan pada saat mengajukan pinjaman, pastikan informasi tersebut telah dihapus atau diperbarui di aplikasi atau situs web pinjol yang bersangkutan, jika memungkinkan.
2. Hubungi layanan pelanggan
Cari tahu nomor layanan pelanggan atau alamat email debt collector yang terkait dengan layanan pinjol tersebut.
Jika layanan pelanggan memiliki nomor telepon yang berbeda dari nomor telepon debt collector, gunakan nomor layanan pelanggan tersebut untuk menghindari kontak dengan debt collector langsung.
3. Ajukan permintaan secara tertulis
Sampaikan permintaan Anda secara tertulis kepada layanan pelanggan atau debt collector, agar tidak menghubungi kontak darurat yang telah Anda berikan.
Anda dapat melakukan hal ini melalui email atau surat resmi, pastikan Anda menjelaskan secara jelas bahwa Anda ingin kontak darurat Anda dihapus dari daftar yang mereka gunakan untuk menghubungi Anda.
4. Pilih kata-kata dengan bijaksana
Pastikan permintaan Anda disampaikan dengan bahasa yang sopan dan menghormati, tetapi tetap tegas dan jelas mengenai keinginan Anda untuk tidak dihubungi melalui kontak darurat.
5. Cek ketentuan hukum
Periksa undang-undang dan regulasi terkait pinjaman online dan debt collector di wilayah Anda.
Beberapa negara atau wilayah mungkin memiliki undang-undang yang mengatur praktik debt collector, termasuk ketentuan tentang kontak darurat.
Jika ada aturan yang melindungi Anda dari kontak darurat yang berlebihan atau tidak pantas, gunakan informasi ini dalam permintaan Anda.
6. Jangan mengabaikan tanggapan
Pastikan Anda mengecek tanggapan dari layanan pelanggan atau debt collector setelah mengajukan permintaan.
Jika mereka telah memverifikasi bahwa kontak darurat Anda telah dihapus dari sistem mereka, pastikan untuk mengonfirmasi hal tersebut dan tetap mengawasi apakah permintaan Anda dihormati.
7. Simpan bukti komunikasi
Selalu simpan salinan dari komunikasi Anda dengan layanan pelanggan atau debt collector sebagai bukti jika ada masalah di masa depan.
Penting untuk diingat bahwa ketika menghadapi masalah dengan layanan pinjol atau debt collector, tetap berpegang pada hak-hak Anda sebagai konsumen.
Jika Anda merasa ada pelanggaran hak atau praktik yang tidak adil, Anda dapat mencari bantuan dari lembaga pengawas konsumen atau mencari nasihat dari konsultan hukum.
Sebagian isi artikel ini ditulis dengan menggunakan bantuan kecerdasan buatan.