GridFame.id - Data debitur masih ada di sistem pinjol padahal utang sudah lunas?
Ada beberapa alasan mengapa perusahaan pinjaman online (pinjol) mungkin tidak menghapus data debitur segera setelah utang lunas.
Beberapa yurisdiksi memiliki peraturan atau hukum yang mengatur penyimpanan data pelanggan untuk jangka waktu tertentu.
Perusahaan mungkin perlu mematuhi regulasi ini dan tidak dapat menghapus data secara langsung setelah utang lunas.
Beberapa perusahaan memilih untuk menyimpan data debitur yang telah melunasi utang sebagai bagian dari praktik pengarsipan.
Ini dapat membantu perusahaan mengelola catatan historis dan melacak transaksi masa lalu.
Data debitur yang telah melunasi pinjaman dapat digunakan untuk analisis internal dan perbaikan layanan.
Informasi ini dapat membantu pinjol memahami pelanggan mereka dan membuat perbaikan pada proses peminjaman atau penagihan di masa mendatang.
Terkadang, menghapus data dari sistem tidak berarti data tersebut benar-benar hilang.
Perusahaan mungkin ingin memastikan bahwa data yang disimpan dihapus dengan benar dan aman untuk melindungi privasi pelanggan.
Bukan itu saja, ada alasan kuat mengapa pinjol tetap akan menghubungi debitur yang sudah lunasi utang.
Baca Juga: Dapat Keringanan Perpanjangan Tenor dari Pinjol? Pertimbangkan Dulu 3 Risiko Ini Biar Gak Menyesal