GridFame.id - Shopee Xpress Instant adalah salah satu dari metode pengiriman yang disediakan Shopee untuk para pengguna.
Seperti diketahui, Shopee menyediakan banyak layanan jasa kirim yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna.
Diantaranya Shopee Xpress, PosAja!, J&T Express, JNE Express, Ninja Xpress, ID Express, Anteraja, SiCepat Ekspres, GoSend, GrabExpress, Indopaket (Ambil di Indomaret), Sentral Cargo, Bluebird Kirim.
Namun SPX Instant masih menjadi andalan karena proses pengiriman terbilang cepat dan aman.
Bukan itu saja, SPX Instant juga memiliki asuransi yang bisa menjamin barang sampai dengan aman dan tepat waktu.
Setiap pesanan yang dikirim dengan SPX Instant (antar Pengguna) sudah terlindungi oleh asuransi pengiriman s/d Rp 2.000.000.Namun, jika Anda ingin mendapat perlindungan lebih, maka Anda dapat mengajukan klaim asuransi hingga Rp20.000.000 dengan memilih Asuransi Premium pada halaman pengiriman.
Meski begitu tak semua pengajuan klaim bisa disetujui.
Ada beberapa penyebab pengajuan klaim asuransi SPX Instant ditolak.
Apa penyebabnya?
Ternyata ini 3 alasan pengguna Shopee tak bisa dapat ganti rugi meski sudah klaim asuransi SPX Instant.
Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Ambil Asuransi Jiwa? Begini Penjelasannya
Penyebab Klaim Asuransi Shopee Xpress Instant Ditolak
Dilansir dari laman resmi shopee.co.id, pengajuan klaim atau penggantian tidak berlaku dan akan ditolak jika:
1. Pengajuan diajukan lebih dari 24 jam setelah barang diantar oleh Mitra Pengemudi Shopee ke Pembeli.
2. Barang yang dikirim termasuk dalam kategori paket yang dilarang.
3. Ukuran dan berat barang melebihi aturan SPX Instant.
Anda dapat mengajukan klaim asuransi pengiriman SPX Instant (antar Pengguna) melalui Customer Service Shopee dengan menyiapkan dokumen pendukung berikut:
1. Pesanan Rusak
-Foto produk yang rusak (sebelum dan sesudah kemasan dibuka)
- Faktur pembelian barang yang dikirim (jika ada)
- Faktur perbaikan barang yang dikirim (jika ada)
2. Pesanan Hilang
- Foto bukti pengiriman yang diupload oleh Mitra Pengemudi Shopee di aplikasi Shopee
- Faktur pembelian barang yang dikirim (jika ada).
Baca Juga: Catat! Ini Kriteria Memilih Asuransi Penyakit Kritis yang Tepat Agar Nasabah Tak Rugi